Medan (ANTARA) - Pecatur Daerah Khusus Jakarta WIM Ummi Fisabillah tampil gemilang dengan melibas dua unggulan teratas untuk memimpin pengumpulan poin dalam nomor catur cepat perseorangan putri PON XXI 2024 yang pada Rabu sudah menyelesaikan sembilan babak.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, itu, Ummi tampil sempurna dengan melibas semua pesaingnya sehingga mengumpulkan total poin 8,0.

Kunci keberhasilan Ummi terjadi saat ia mengalahkan unggulan pertama dari Jawa Barat IM Irene Kharisma Sukandar pada babak ke-3 dan unggulan kedua WIM Chelsie Monica Sihite pada babak ke-4.

Irene harus puas berada di peringkat kedua dengan 6,0 poin. Jumlah poin yang dikumpulkan Irene sama dengan yang diraih Chelsea, tetapi Irene unggul dalam penghitungan Tiebreak 1 karena ia menang atas Chelsea pada babak kedua.

Baca juga: 122 pecatur siap bersaing di PON 2024

​​Pada kelompok perseorangan putra yang diikuti 13 peserta, pecatur DK Jakarta GM Novendra Priasmoro memimpin sendirian dengan 7,5 poin dari sembilan babak yang sudah dimainkan

Dia ditempel oleh pecatur Jabar FM Arif Abdul Hafiz yang mengumpulkan 6,5 poin. Disusul Muhammad Kamalsyah dari Kalbar dan FM Maksum, Firdaus dari Yogyakarta yang sana-sama mengumpulkan 6,0 poin.

Cabang olahraga catur PON XXI mempertandingkan 12 nomor yakni catur kilat beregu putra, kilat beregu putri, kilat perseorangan putra, dan kilat perseorangan putri. Kemudian catur cepat beregu putra, cepat beregu putri, cepat perseorangan putra, dan cepat perseorangan putri. Terakhir catur standar beregu putra, standar beregu putri, standar perorangan putra, dan standar perseorangan putri.

Pertandingan olahraga otak ini diawali nomor catur cepat mulai Selasa (10/9/2024) hingga Rabu (11/9/2024), dilanjutkan catur cepat mulai Kamis (12/9/2024) hingga Sabtu (14/9/2024). Sedangkan catur standar mulai Minggu (15/9/2024) hingga Kamis (19/9/2024).

Baca juga: Percasi Aceh fokuskan pelatda tim catur PON di Jakarta

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024