Banda Aceh (ANTARA) - Atlet selam kolam (fins swimming) asal Provinsi Bali dan tuan rumah Aceh mendominasi babak penyisihan pada nomor lomba 400 meter bifins putra dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara yang berlangsung di Kolam Tirta Raya Banda Aceh, Rabu.

Pada babak penyisihan itu, atlet Bali I Made Arya Suryantara berhasil menyelesaikan lomba pada pertandingan heat pertama dengan catatan waktu tercepat yakni 3 menit 40,70 detik, sehingga mengungguli enam peserta dari provinsi lain.

Sementara atlet asal Aceh, Muhammad Iqbal berhasil finis dengan catatan waktu 3 menit 50,86 detik, yang juga mengungguli enam peserta dari provinsi lain pada pertandingan heat kedua.

Atas pencapaian tersebut, wakil Bali dan tuan rumah Aceh berhak melenggang pada babak final selam kolam nomor lomba 400 meter bifins putra.
Atlet selam Aceh Muhammad Iqbal saat berhasil mencapai garis finis laga babak penyisihan selam kolam nomor 400 meter bifins putra PON XXI Aceh-Sumut di Kolam Tirta Raya, Banda Aceh, Rabu (11/9/2024). (ANTARA/Khalis Surry)


Selain keduanya, disusul enam peserta lain dengan catatan waktu tercepat yang juga berhak berlaga di final di antaranya Arbahan Lukman Rauuf asal DIY Yogyakarta 3 menit 52,04 detik, dan Akuinas Miki Wowor asal Sulawesi Utara 3 menit 52,19 detik.

Selanjutnya, Steven Stanley Adrianno asal Jawa Tengah 3 menit 52,49 detik, Farand Gavrila Simon asal Kalimantan Timur 3 menit 53,86 detik, Insanul Kamil Andika Putra asal Banten 3 menit 54,67 detik, dan Ignatius Oswyn asal Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan catatan waktu 3 menit 54,67 detik.

“Alhamdulillah hari pertama selam kolam pada pagi hari sudah menyelesaikan babak penyisihan untuk nomor men 400 meter bifins, women 400 meter surface, dan women 100 meter bifins,” kata Technical Delegate (TD) selam kolam PON XXI Rekha Ratri Julianti.

Ia menjelaskan, babak penyisihan dilakukan karena jumlah peserta yang ikut pada nomor lomba tersebut lebih dari delapan orang, sehingga hasil pada babak tersebut dipilih delapan peserta dengan catatan waktu tercepat untuk melaju ke partai final.

“Tadi sudah diperebutkan posisi satu sampai delapan dari masing-masing nomor dan pertandingan berjalan lancar,” ujarnya.

Baca juga: Selam - Atlet mulai uji coba arena pertandingan Kolam Tirta Raya
Baca juga: 107 atlet bakal perebutkan 19 medali emas selam kolam PON XXI

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024