Surabaya (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berpesan agar universitas atau perguruan tinggi dapat mencari sumber dana secara kreatif untuk menjaga keberlanjutan inovasi, penelitian, dan publikasi.

"Temukan sumber pendanaan dan pengembangan riset secara kreatif, sehingga penelitian, publikasi, dan inovasi semakin terjaga kontinuitasnya," kata Wapres Ma'ruf saat memberikan sambutan pada konferensi International Conference on Applied Sciences, Education, and Technology (iConASET) 2024 di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), Surabaya, Jawa Timur, Rabu.

Selain mencari pendanaan, Wapres juga berpesan agar universitas dapat membangun peluang kerja sama dengan dunia usaha dalam mengaplikasikan hasil riset sekaligus menyiapkan lulusan untuk memasuki lapangan kerja.

Menurut Wapres, kerja sama ini dapat membuka kesempatan bagi institusi untuk mendapatkan umpan balik langsung dari industri yang berguna dalam menyempurnakan riset dan kurikulum.

Di sisi lain, Wapres menginginkan pengembangan riset dan penelitian yang relevan dengan kebutuhan zaman menjadikan ajaran agama sebagai pondasi utama.

Wapres juga berharap inovasi yang dihasilkan dapat memenuhi tuntutan teknologi dan sosial dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan moral.

Ia pun menyinggung istilah Society 5.0 yang menyajikan teknologi kecerdasan buatan, internet of things (IoT) dan big data, yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup manusia melalui pelayanan pendidikan, kesehatan, dan pelayanan publik yang lebih efisien dan terintegrasi.

"Kemudian, manfaatkan keunggulan Society 5.0 untuk meningkatkan daya saing dan kualitas riset yang dihasilkan," kata Wapres.

Menutup sambutannya, Wapres berharap UNUSA dapat menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas dan mampu menjaga nama baik lembaga, tidak hanya di lingkungan Nahdlatul Ulama, tetapi juga di tingkat nasional, bahkan internasional.

Baca juga: Rektor: Unand peringkat 3 penerima dana penelitian Kemendikbudristek

Baca juga: LPDP: Akumulasi dana abadi di bidang pendidikan capai Rp154,1 triliun

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024