Moskow (ANTARA) - Angkatan Laut Rusia telah memulai latihan strategis berskala besar Ocean 2024 yang akan berlangsung hingga 16 September, demikian disampaikan Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan pada Selasa (10/9).

"Latihan ini akan menjadi salah satu acara terpenting dalam pelatihan operasional dan tempur angkatan bersenjata Rusia pada 2024," menurut kementerian itu.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan latihan ini akan melibatkan lebih dari 400 kapal perang, kapal selam, dan kapal pendukung; 120 lebih pesawat angkatan laut; serta 7.000 unit persenjataan, militer, dan perangkat keras khusus. Selain itu, lebih dari 90.000 personel juga akan berpartisipasi.

Latihan tersebut akan dilaksanakan di Samudra Pasifik dan Samudra Arktika, juga di Laut Mediterania, Laut Kaspia, dan Laut Baltik.

Menurut pihak kementerian, latihan komando dan staf strategis Ocean 2024 akan menguji kesiapan staf senior Angkatan Laut Rusia untuk memimpin kelompok pasukan semua angkatan dan kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas operasional yang tidak standar. Pasukan Rusia juga akan berlatih penggunaan senjata presisi tinggi dan modern.

Latihan ini juga bertujuan untuk "memperluas kerja sama dengan angkatan laut negara-negara mitra untuk melakukan misi maritim gabungan," tambah kementerian itu. 


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024