Aceh Timur (ANTARA) - Jawa Timur berhasil meraih medali emas nomor tim regu putri cabang olahraga sepak takraw Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 setelah mengalahkan Sulawesi Selatan.

Bertanding di Gedung Idi Sport Center, Idi, ibu kota, Kabupaten Aceh Timur, Rabu, Jawa Timur mengalahkan Sulawesi Selatan dengan skor 2-0.

Kemenangan Jawa Timur tersebut diraih setelah tim pertama menang dua set dengan poin 15-13 dan 15-12 serta tim kedua, juga menang dalam dua set dengan poin 15-12 dan 15-13.

Dengan kemenangan di partai puncak tersebut, Jawa Timur mencatatkan diri sebagai provinsi tidak terkalahkan untuk nomor tim regu putri cabang olahraga sepak takraw putri PON XXI Aceh-Sumut. 2024.

Pada babak penyisihan grup, Jawa Timur yang tergabung dengan Aceh dan Sumatera Utara, mampu menang masing-masing 3-0 atas kedua provinsi tuan rumah tersebut. Sedangkan di semifinal, Jawa Timur mengalahkan Riau dengan skor 2-0.

Baca juga: Jatim tantang Sulsel di final nomor tim regu putri sepak takraw

Aprian, pelatih sepak takraw putri, Jawa Timur, mengatakan anak-anak asuhnya bermain dengan kemampuan terbaiknya, sehingga berhasil meraih medali emas pertama untuk Jawa Timur dari cabang olahraga sepak takraw.

"Anak-anak sudah bermain dengan kemampuan terbaiknya. Tidak ada strategi khusus menghadapi Sulawesi Selatan. Anak-anak kami minta bermain lepas tanpa beban. Alhamdulillah, hasilnya positif," kata Aprian.

Sementara itu, Andi Abdullah, pelatih sepak takraw putri Sulawesi Selatan, mengatakan anak asuhnya bermain seperti ada beban serta tidak mampu mengontrol permainan, sehingga banyak kehilangan poin

"Seperti di tim kedua, anak-anak sempat unggul di set kedua, tetapi gagal menangkan pertandingan. Ini karena anak-anak bermain seperti ada beban, sehingga menyebabkan banyak kehilangan angka," kata Andi Abdullah.

Selain medali emas dan perak yang diraih Jawa Timur dan Sulawesi Selatan, medali perunggu nomor tim putri cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut diraih Aceh dan Riau.

Baca juga: Sepak takraw - Regu putra Jatim menang dramatis atas Jakarta

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024