Mimika sebagai daerah yang kaya dengan sumber daya alam dan budaya, memiliki peluang besar untuk berkembang menjadi pusat inovasi berbasis kearifan lokal
Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah, mengatakan bahwa inovasi pada sektor pariwisata dapat menggerakkan ekonomi masyarakat di daerah ini.

Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito di Timika, Rabu, mengatakan bahwa inovasi dari sektor pariwisata dapat bersumber dari keindahan alam, hutan bakau dan juga keanekaragaman hayati di dalamnya.

"Pariwisata kita jika dikembangkan dengan konsep berkelanjutan dan inovatif maka dapat menggerakkan perekonomian daerah, yang berbasis potensi alam dan budaya lokal," katanya.

Menurut Valentinus, inovasi tidak hanya bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga memperkuat daya saing daerah pada tingkat nasional.

"Data terbaru yang kami dapat bahwa Mimika masih berada pada urutan terbawah dalam hal daya saing inovasi," ujarnya.

Dia menilai bahwa diperlukan kerja keras dalam menciptakan kebijakan-kebijakan inovatif, yang dapat mendorong kemajuan di berbagai sektor termasuk pariwisata.

"Saya harapkan melalui penyusunan peta sistem inovasi daerah dapat menciptakan kerangka kerja yang jelas serta berfokus pada kebutuhan daerah ini," katanya lagi.

Dia menambahkan penyusunan peta inovasi daerah bertujuan agar semua sektor termasuk pemerintah, ekonomi dan sosial dapat bekerja sama menciptakan solusi yang berdampak positif bagi masyarakat.

"Mimika sebagai daerah yang kaya dengan sumber daya alam dan budaya, memiliki peluang besar untuk berkembang menjadi pusat inovasi berbasis kearifan lokal," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Mimika: UMKM berperan dorong pertumbuhan ekonomi daerah 
Baca juga: Dinas PUPR Mimika targetkan alirkan air bersih ke 50.000 rumah

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024