Jakarta (ANTARA) - Pangeran William dari Kerajaan Inggris berbicara singkat mengenai kondisi kesehatan sang istri, Kate Middleton, yang telah menyelesaikan kemoterapi untuk pengobatan kanker.

Menurut siaran People pada Selasa (10/9), Pangeran William (42) saat bertemu dengan simpatisan dalam kunjungan di Llanelli, Wales, Inggris, mengungkapkan bahwa kondisi sang istri membaik.

"Ini berita baik, tetapi masih banyak yang harus dilakukan," kata Pangeran William sebagaimana dikutip oleh Hello!

"Dia sudah lebih baik, dan terima kasih," katanya kepada warga yang berkerumun untuk melihatnya dan menanyakan kondisi istrinya.

Seorang simpatisan bernama Jane Stoneman pada kesempatan itu berhasil menyerahkan surat kepada Pangeran William untuk disampaikan kepada Kate Middleton.

"Saya bilang senang melihat Kate sudah lebih baik dan pulih," katanya kepada People.

Stoneman menuturkan bahwa saat memeriksa suratnya Pangeran William mengatakan, "Ia sudah lebih baik. Terima kasih banyak."

Pangeran William mengunjungi Wales sehari setelah Kate Middleton melalui rekaman video menyampaikan bahwa dia telah menyelesaikan kemoterapi.

Baca juga: Pangeran William jadi penguat bagi anak saat sang istri berobat

Baca juga: Kate Middleton selesaikan kemoterapi, fokus agar bebas dari kanker

Kate Middleton (42) berada di luar sorotan publik setelah Istana Kensington pada Maret 2024 mengabarkan bahwa dia sedang memulai kemoterapi untuk pengobatan kanker.

Kate menjalani operasi perut pada Januari dan dalam pemeriksaan setelah operasi dokter mendeteksi sel kanker di tubuhnya. Sang Putri kemudian harus menjalani kemoterapi.

"Saat musim panas berakhir, saya tidak dapat mengungkapkan betapa lega rasanya karena akhirnya menyelesaikan perawatan kemoterapi saya," kata Putri Kate dalam rekaman audio yang diputar di video yang direkam oleh Will Warr di Norfolk pada Agustus.

"Sembilan bulan terakhir ini sangat sulit bagi kami sebagai sebuah keluarga. Seperti yang Anda ketahui, hidup dapat berubah dalam sekejap dan kami harus menemukan cara untuk melewati badai dan jalan yang tidak diketahui," katanya.

Kate menyampaikan bahwa perjalanan melawan kanker itu rumit, menakutkan, dan tidak dapat diprediksi. 

"Meskipun saya telah menyelesaikan kemoterapi, jalan saya menuju penyembuhan dan pemulihan penuh masih panjang dan saya harus terus menjalani setiap hari sebagaimana mestinya," kata dia.

Baca juga: Kate Middleton bagikan kabar baru tentang pengobatan kanker

Baca juga: Kate Middleton muncul di publik sejak umumkan terkena kanker

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024