Beijing (ANTARA) - China terus meningkatkan sistem layanan perawatan anak-anak di negaranya, dengan kapasitas tempat penitipan yang tersedia mencapai 4,77 juta secara nasional per akhir 2023, menurut sebuah laporan yang dipaparkan dalam sesi Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional (National People's Congress/NPC) China pada Selasa (10/9).

Laporan itu mengungkapkan bahwa rasio tempat penitipan anak per 1.000 orang mencapai 3,38 hingga akhir tahun lalu, dengan penyediaan berbagai model layanan, seperti perawatan anak berbasis area permukiman (community), tempat penitipan anak yang dikelola oleh pemberi kerja, tempat penitipan anak untuk keluarga, dan pusat penitipan anak komprehensif.

Per akhir 2023, terdapat sekitar 1,12 juta pegawai purnawaktu di sektor perawatan anak di China, yang setengah di antaranya merupakan staf tempat penitipan anak.

Ke depannya, China menargetkan untuk meningkatkan rasio tempat penitipan anak per 1.000 orang menjadi 4,5 pada akhir periode Rencana Lima Tahun ke-14 (2021-2025), menurut laporan tersebut.




 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024