Mereka dibawa ke daratan dengan selamat.
Sentani (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Jayapura mengevakuasi anak buah kapal (ABK) kapal kayu KLN Minasa Bakti yang tenggelam di perairan Demta.

KLN Minasa Bakti berlayar dari Jayapura menuju Kabupaten Mamberamo Raya, Papua. Namun, nahas tenggelam di perairan Laut Demta atau sekitar 3 mil dari pantai Distrik Demta.

Kapolres Jayapura AKBP Umar Nasatekay melalui Kapolsek Demta Ipda Yohanis Deda di Sentani, Rabu pagi, mengatakan bahwa pihaknya bersama nelayan setempat berhasil mengevakuasi delapan orang (ABK) dalam kondisi selamat.

"Setelah melakukan koordinasi dengan SAR dan masyarakat di sekitar Kampung Muris Kecil dan Kampung Demta, Aipda Wahyu bersama Briptu Saul Waseway segera bergerak untuk melakukan evakuasi,” katanya.

Menurut Kapolsek Demta, tim SAR masih dalam perjalanan dari Jayapura. Oleh karena itu, pihaknya berinisiatif meminta bantuan nelayan setempat untuk segera melaut dan mengevakuasi ABK KLN Minasa Bakti.

"Kami berhasil menyelamatkan delapan ABK. Mereka dibawa ke daratan dengan selamat. Setelah itu, diistirahatkan di Polsek Demta sambil menunggu arahan lebih lanjut," ujarnya.

Berselang beberapa saat setelah penyelamatan itu, anggota Polair Polda Papua yang dipimpin oleh Wadir Polair tiba di Polsek Demta dan mengambil alih penanganan.

"Seluruh ABK dibawa ke Polda Papua untuk pemeriksaan lebih lanjut mengenai insiden tenggelamnya kapal yang mereka gunakan," katanya.

Kapolsek menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Distrik Demta yang membantu evakuasi delapan ABK yang kapalnya tenggelam tersebut.

Baca juga: SAR gabungan evakuasi 12 penumpang kapal tenggelam di Tapanuli Tengah
Baca juga: Tim SAR tutup pencarian empat korban kapal tenggelam di Alor NTT

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024