Beijing (ANTARA) - Lebih dari 190 model layanan kecerdasan buatan (AI) generatif telah didaftarkan pada regulator di China dan tersedia untuk penggunaan publik sejauh ini, kata Zhuang Rongwen, kepala Administrasi Ruang Siber China (CAC).

Jumlah pengguna terdaftar dari model-model AI generatif ini telah melampaui 600 juta pengguna, ujar Zhuang dalam sebuah wawancara dengan Xinhua, seraya menyoroti perkembangan yang positif dan tertib dari teknologi dan aplikasi terkait.

Zhuang menjanjikan peran aktif pemerintah dalam mendorong pengembangan industri, kemajuan teknologi, dan peningkatan kontrol keamanan di bidang krusial ini, sambil tetap memprioritaskan koordinasi pembangunan berkualitas tinggi dan keamanan tingkat tinggi.

Pada Juli 2023, China mengeluarkan seperangkat aturan manajemen sementara untuk layanan AI generatif, yang merupakan aturan pertama di dunia di bidang ini.

Resolusi reformasi utama yang diadopsi dalam sidang pleno ketiga Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) ke-20 pada Juli lalu juga mengungkapkan bahwa negara tersebut akan meningkatkan mekanisme pengembangan dan pengelolaan AI generatif.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024