Jakarta (ANTARA) - Jika Anda tidak sempat berolahraga di pagi hari karena harus bekerja ataupun karena aktivitas lainnya tidak perlu khawatir, Anda masih bisa mendapatkan manfaat besar dari berolahraga di sore hari.

Sebuah studi menemukan bahwa kemampuan tubuh untuk berolahraga mencapai puncaknya di antara pukul 2 siang hingga 6 sore.

Suhu tubuh yang meningkat sepanjang hari membantu mengoptimalkan fungsi otot, kekuatan, aktivitas enzim, serta daya tahan tubuh, sehingga kinerja fisik juga meningkat. Hal-hal tersebut menjadikan sore hari sebagai waktu olahraga yang ideal.

Berolahraga di sore hari menjadi pilihan bagi banyak orang, karena pada waktu tersebut suhu udara di sore hari umumnya sudah tidak terlalu panas, menjadikannya lebih nyaman untuk berolahraga dibandingkan dengan panas terik siang hari. Berolahraga di sore hari juga memiliki beberapa manfaat lainnya sebagai berikut:

1. Meningkatkan kualitas tidur

Ketika berolahraga tubuh akan mengeluarkan hormon Endorfin sehingga membantu tubuh untuk merasa rileks dan nyaman, yang pada akhirnya akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak di malam hari.

2. Mengurangi stres

Olahraga adalah cara yang bagus untuk mengalihkan pikiran, sehingga bisa sangat berguna untuk melepaskan penat setelah bekerja. Endorfin yang dilepaskan tubuh saat berolahraga juga akan membuat Anda merasa lebih baik.

3. Memaksimalkan performa fisik

Suhu inti tubuh dan fungsi kardiovaskular mencapai puncaknya sekitar pukul 6 sore. Hal itu berpengaruh untuk meningkatkan kekuatan, kecepatan, dan stamina tubuh yang menjadikan olahraga sore sangat baik untuk meningkatkan performa fisik.

4. Menjaga berat badan tetap stabil

Berolahraga di sore hari sangat efektif untuk menyeimbangkan kalori yang masuk dan mengurangi risiko penambahan berat badan, disarankan untuk rutin melakukan aktivitas fisik seperti lari sore setidaknya tiga kali seminggu. Dengan cara ini, tubuh dapat membakar kalori yang berlebihan dan mengurangi penumpukan lemak, sehingga membantu menjaga berat badan tetap stabil.

5. Relaksasi sebelum tidur

Dengan berolahraga di sore hari, Anda bisa memberi tubuh waktu untuk bersantai setelah berolahraga dan bisa merasa lebih rileks. Berolahraga dalam dua jam sebelum tidur bisa membuat sulit tertidur karena rangsangan kognitif dan lonjakan adrenalin yang membuat otak tetap aktif.

Dengan mempertimbangkan manfaat-manfaat tersebut, berolahraga di sore hari bisa menjadi pilihan yang efektif dan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan baik fisik maupun mental Anda.

Baca juga: Cara atur waktu olahraga di sela kesibukan kerja

Baca juga: Aplikasi panduan olahraga di rumah, tersedia di Android dan iPhone

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024