Upaya dekarbonisasi melahirkan peluang-peluang bisnis baru, yang pertama bisnis biofuel
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina(Persero) mengungkapkan strategi untuk mencapai net zero emissions pada tahun 2060 melalui sektor energi.

SVP Business Development Pertamina Wisnu Medan Santoso mengatakan, pihaknya menargetkan untuk mencapai net zero emissions pada tahun 2060. Mengingat sektor energi menyumbang emisi cukup signifikan, sehingga hal tersebut menjadi tanggung jawab Pertamina. Untuk merealisasikannya Pertamina akan menekan karbonisasi produk dan jasa yang saat ini sudah ada. Selain itu, cara kedua adalah dengan membangun bisnis baru yang sifatnya lebih ramah lingkungan.

“Sehingga perlahan-lahan bisnis kita yang mungkin sekarang lebih lebih padat bisnis fosil itu kita mulai diversifikasi dengan bisnis-bisnis yang jejak karbonnya lebih sedikit. Sehingga pelan-pelan kita juga mengurangi jejak karbon,” kata Wisnu di Jakarta, Selasa.

Dalam upaya memperkuat peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor energi, Pertamina telah menunjukkan kemajuan signifikan dalam transisi menuju energi terbarukan.

Wisnu mengatakan, Pertamina telah aktif dalam mengembangkan proyek-proyek biofuel, energi panas bumi, dan teknologi penangkapan serta penyimpanan karbon.

Di antara capaian penting, Pertamina telah menerbitkan Green Bond pertama di pasar modal Indonesia, yang mendukung proyek-proyek ramah lingkungan dan menunjukkan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan.

“Upaya dekarbonisasi melahirkan peluang-peluang bisnis baru, yang pertama bisnis biofuel, lalu renewable power seperti di Indonesia sekarang geothermal. Yang ketiga, bisnis carbon capture and storage. Ini bisnis baru yang akan berkembang dan berpotensi sangat besar,” ujarnya.

Wisnu mengungkapkan, Pertamina sedang menjajaki peluang di sektor hidrogen, amonia sintetik, dan trading kredit karbon.

Ini merupakan bagian dari strategi diversifikasi bisnis untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil dan memperkuat posisi Pertamina sebagai pemimpin dalam transisi energi di Indonesia.

Baca juga: KPI jelaskan strategi penurunan emisi karbon sektor pengolahan minyak
Baca juga: Pengamat sebut Pertamina RD tunjukkan komitmen dalam Roadmap NZE

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024