Banda Aceh (ANTARA) - Kontingen Jawa Barat mendominasi sejumlah nomor laga partai final cabang olahraga muaythai Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 dengan capaian lima medali emas.

Lima medali emas Jawa Barat menjadikan daerah tersebut sebagai peraih medali emas terbanyak di nomor laga muaythai PON 2024 di 18 nomor pertandingan yang digelar di Bale Meuseuraya Aceh (BMA) Banda Aceh, Selasa.

Kelima medali emas Jawa Barat dihasilkan dari perjuangan sejumlah atlet mereka mulai dari Sarah Avilia yang mengalahkan atlet Jatim Ikke Nurhayati di nomor elite 48kg putri.

Medali emas kedua Jawa Barat diraih usai Muhammad Redho mengalahkan Gunawan dari NTB di nomor elite 51kg putra.

Medali emas ketiga diraih Adisty Gracella usai mengalahkan wakil Jawa Timur Adela Earline di nomor elite 57kg putri.

Baca juga: Jawa Barat salip jumlah emas Jawa Timur di cabang olahraga muaythai

Kemudian medali keempat diraih Hanok Demonsial yang mengandaskan perjuangan Muhammad Abdul Ghoni dari Jawa Timur.

Dan medali emas kelima diraih Indra Surya Onggeng yang mengalahkan wakil Jawa Tengah Irvan Aji Maulana di kelas 60kg putra

Selain itu Jawa Barat meraih satu medali perak di nomor laga ini dari Syakira Intan yang kalah dari atlet Jawa Timur Alfiyatus Soleha di nomor U23 43kg putri.

"Ini pencapaian tertinggi Jawa Barat karena bermain penuh semangat dan menaati semua regulasi," kata manajer muaythai Jawa Barat Nendi Suryanegara di Banda Aceh, Selasa.

Ia mengaku meski di bawah target yang dibuat capaian lima medali emas ini menjadi kebanggaan karena latihan yang dilakukan sejak dua tahun lalu.

"Kami mulai pelatihan dua tahun lalu untuk menghadapi BK PON dan persiapan PON.Anak-anak rutin berlatih setiap harinya," kata dia

Baca juga: Jabar, Jateng dan Sulsel sabet emas muaythai, Papua perak

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024