Jakarta (ANTARA) - Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa menekankan pentingnya aspek keselamatan kerja dalam pengeboran sumur eksplorasi Rotan Cinta (RCI)-001 di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah untuk mendukung pencapaian target produksi migas secara berkelanjutan.

"Kedepankan aspek HSSE (health, safety, security & environment) sebagai kunci keberhasilan kegiatan operasi dalam mendukung pencapaian target produksi migas secara berkelanjutan," kata Direktur Regional Jawa Wisnu Hindadari dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Untuk diketahui, Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa dan PT Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) mengunjungi lokasi pengeboran sumur eksplorasi Rotan Cinta (RCI)-001 di Desa Kubangsari, di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Hadir dalam kegiatan Management Walkthrough (MWT) tersebut, yakni Wisnu Hindadari dan Direktur Operasi PDSI Aziz Muslim.

Program MWT diselenggarakan secara rutin oleh pimpinan perusahaan untuk memastikan kegiatan operasi berjalan dengan lancar sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan serta membuka kesempatan interaksi dua arah antara manajemen dan pekerja yang menjadi garda terdepan.

Aspek prioritas lainnya juga menjadi fokus utama dalam MWT ialah memastikan penerapan kebijakan dan program HSSE dan meningkatkan internalisasi budaya HSSE di setiap kegiatan kerja di lapangan.

Adapun, Sumur eksplorasi RCI-001 merupakan sebuah sumur wildcat, yaitu sumur yang dibor pertama kali untuk menentukan keberadaan minyak dan gas di lokasi yang masih baru.

Hasil pemboran Sumur RCI-001 itu diharapkan dapat mengonfirmasi sumber daya hidrokarbon dengan target reservoir berupa batu pasir formasi halang (pliocene sandstone) dan membuka potensi baru (play opener) pengembangan migas daratan di Provinsi Jawa Tengah.

"Kami berharap sumur eksplorasi Rotan Cinta bisa membuktikan potensi sumber daya migas terambil hingga 17,58 juta barel minyak (MMBO) dan 14,11 miliar kaki kubik gas (BCFG)," kata Wisnu.

Dalam lawatan tersebut, Wisnu juga menyampaikan bahwa pengeboran sumur RCI-001 merupakan proyek penting untuk masa depan migas nasional dan berperan sebagai awal dari pengambilan data seismik 3D ataupun kegiatan eksplorasi lainnya di Jawa Tengah.

Berdasarkan hasil studi, potensi hidrokarbon di wilayah Brebes terbilang cukup tinggi. Selain itu, tercatat juga pengamatan banyaknya rembesan minyak di permukaan.

Merunut jejak sejarah pengelolaan, evaluasi potensi keberadaan migas di area Rotan Cinta ini teridentifikasi melalui hasil survei seismik 2D tahun 1974, 1999, dan 2012. Selain itu, dilakukan juga integrasi evaluasi geologi dan geofisika sejak 1996 sampai 2023.

Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang bergerak di bidang usaha hulu migas.

Regional Jawa bertugas mengkoordinir wilayah operasional di bawah pengelolaan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) migas meliputi PHE ONWJ, PHE OSES, Pertamina East Natuna,.dan Pertamina EP Jawa Barat. Area Kerja Regional Jawa mencakup Provinsi DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Bangka Belitung serta Jawa Barat.

Baca juga: Pertamina berkolaborasi dengan perusahaan internasional kembangkan CCS
Baca juga: Pertamina gandeng PT Sojitz Indonesia kurangi emisi karbon lewat HVO
Baca juga: Pertamina Regional Jawa paparkan operasi bisnis migas

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024