Medan (ANTARA) - Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Sumatera Utara (Sumut) Salomo Pardede mengatakan PON Aceh-Sumut 2024 menjadi momentum pemantapan pebiliar Sumut untuk mengikuti seleksi nasional ke SEA Games 2025.

"Habis (PON Aceh-Sumut 2024) ini, lima pebiliar kami akan ikut seleksi nasional untuk SEA Games tahun depan (2025), sehingga PON ini untuk memantapkan persiapan," ujar Salomo Pardede kepada ANTARA di Pardede Hall, Medan, Selasa.

Dua di antara pebiliar Sumut yang akan mengikuti seleksi nasional adalah Marlando Sihombing dan Jaka Kurniawan Ginting yang baru saja meraih medali emas setelah mengalahkan tim DKI Jakarta pada laga final nomor english billiard frame double.

Salomo mengatakan Marlando dan Jaka adalah bagian dari wakil Sumut yang diandalkan sejak awal untuk meraih medali emas guna mencapai target sekurangnya tiga medali emas.

Selain untuk target tersebut, keikutsertaan kedua atlet pada PON kali ini juga untuk menambah jam terbang agar lebih siap mengikuti seleksi untuk berkompetisi mewakili Indonesia pada SEA Games 2025.

"Jadi memang habis ini kami masih kerja (mempersiapkan atlet) untuk seleksi nasional lagi," ujarnya.

Baca juga: POBSI Sumut puas atletnya percaya diri di kandang hingga raih juara

Lebih lanjut, Salomo mengatakan POBSI Sumut terus membina para pebiliar meskipun hingga saat ini belum mendapat dukungan bantuan berupa peralatan latihan dari pemerintah daerah setempat.

Proses pembinaan, kata dia, sejauh ini juga mengandalkan pelatih lokal yang memiliki sertifikat nasional. Di sisi lain, POBSI Sumut juga terus berjuang agar para atlet bisa mengikuti pertandingan untuk menguji kemampuan dan menambah jam terbang.

Salomo menambahkan, untuk mendongkrak kemampuan atlet, maka proses pembinaan dilakukan dengan pendekatan kekeluargaan sehingga para atlet merasa memiliki tanggung jawab secara moral untuk selalu memberikan hasil terbaik.

"Kami pakai rasa kekeluargaan jadi para atlet merasa dihargai seperti bapak dan anak, jadi mereka berjuang habis-habisan saat berkompetisi," pungkasnya.

Baca juga: Tumbangkan Jakarta, Sumut sabet emas pertama pada cabor biliar PON
Baca juga: Biliar - Irawan/Sugiarto sumbang emas pertama untuk Bali pada PON

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024