Banda Aceh (ANTARA) - Petenis Jawa Timur Christopher Benjamin Rungkat mengakui masih ingin terus bermain di Pekan Olahraga Nasional (PON) meski sudah menginjak usia 30-an.

Ketika ditemui usai pertandingan di Lapangan Tenis Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Selasa, Chris, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa saat ini usianya sudah hampir 35 tahun dan apabila tampil di PON selanjutnya yang akan digelar empat tahun lagi, maka ia akan bermain pada usia 39 tahun.

Ia pun mengatakan, apabila dirinya masih mampu untuk bertanding, maka ia akan tetap mengikuti ajang olahraga nasional ini.

“Kalau saya masih enjoy (menikmati), masih bisa berkompetisi secara sehat, fisik saya sehat, saya masih mau bertanding. Kita lihat nanti perkembangannya,” kata dia.

Di sisi lain, ia juga menilai bahwa ada banyak pemain tenis muda yang dapat menjadi penerusnya, seperti Muhammad Rifqi Fitriadi, Anthony Susanto hingga Janice Tjen. Para pemain muda itu telah banyak mencatatkan prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

“Mereka-mereka inilah yang nanti untuk ke depannya bisa menggantikan posisi saya dan pemain senior lainnya, seperti David Agung Susanto. Perjalanan mereka masih panjang. Masa muda mereka harus dimanfaatkan dengan baik,” ucapnya.

Oleh karena itu sebagai upaya meningkatkan kualitas pembibitan pemain muda, menurutnya, partisipasi dalam berbagai turnamen menjadi bekal penting untuk mengumpulkan pengalaman.

Baca juga: Tenis - Jawa Timur borong kemenangan hari kedua nomor beregu PON XXI

“Karena tenis tidak hanya latihan saja, tapi juga harus banyak bertanding. Asah kemampuan di try out, terus banyak dapat poin di pertandingan-pertandingan luar agar nanti tidak hanya bertanding di PON, tapi juga bisa mewakili Indonesia di SEA Games dan Asian Games,” ucapnya.

Pada pertandingan hari kedua babak penyisihan nomor beregu putra tenis, Chris diturunkan pada nomor ganda bersama David Agung Santoso. Keduanya menang 6-1, 6-2 atas pasangan Sulawesi Selatan dan sukses menyumbangkan skor untuk kemenangan tim Jawa Timur.

Berikut skor akhir hari kedua babak penyisihan nomor beregu putra PON Aceh-Sumut 2024:

Nomor beregu putra

Pool A: Kalimantan Selatan 3 - Sumatera Utara 0
Pool B: Jawa Timur 3 - Sulawesi Selatan 0
Pool C: DI Yogyakarta 3 - Sumatera Barat 0
Pool D: Papua Barat 2 - Bali 1

Baca juga: Tenis - Rifqi Fitriadi mampu main sesuai strategi meski usai cedera
Baca juga: Tenis - Anthony Susanto bermain lepas saat buka nomor beregu Jatim

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024