Jakarta (ANTARA/JACX) – Sejumlah pendaftar seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) mengeluhkan gangguan pada situs e-materai yang terjadi sejak Selasa (3/9/2024).

Banyak pelamar yang mengeluhkan tidak bisa mengakses laman Peruri menjelang batas akhir pendaftaran. Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada 6 September pun memutuskan memperbolehkan para pelamar seleksi CASN 2024 memakai meterai tempel.

Sebuah imbauan poster digital di Instagram menarasikan dokumen CASN yang menggunakan materai tempel sebelum tanggal 6 September maka akan dianggap Tidak Memenuhi Syarat (TMS) seleksi administrasi.

Namun, benarkah pernyataan tersebut?

 

Unggahan yang menarasikan Dokumen yang menggunakan materai tempel sebelum 6 September dianggap tidak memenuhi syarat. Faktanya, poster yang beredar tidak resmi dari BKN. (Instagram)
Penjelasan:

BKN dalam akun Instagram resminya menyatakan imbauan yang beredar bukan dari BKN dan merupakan penyalahgunaan informasi atas nama template unggahan dan logo BKN.

BKN menegaskan bahwa penulisan tanggal di materai tempel atau e-materai merujuk pada masing-masing pengumuman instansi. BKN di akun Instagram resminya juga mengingatkan para CPNS 2024 untuk selalu memastikan dan mengecek validasi informasi seleksi CPNS 2024 di akun resmi BKN dan instansi terkait.

Cek fakta: Hoaks! Tautan palsu pendaftaran CPNS dan PPPK

Cek fakta: Cek fakta, lowongan kerja mengatasnamakan otorita IKN

Baca juga: Peruri pastikan layanan e-meterai normal jelang batas pendaftaran CPNS

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024