Aceh Timur (ANTARA) - Tim sepak takraw Jawa Timur menantang Sulawesi Selatan di final nomor tim regu putri Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024. 

Bertanding di Gedung Idi Sport Center, Idi, Kabupaten Aceh Timur, Selasa, Jawa Timur melaju ke partai puncak setelah mengalahkan Riau dengan skor 2-0.

Kemenangan Jawa Timur tersebut diraih setelah tim pertama menang dua set dengan skor 15-10 dan 15-9. Sedangkan tim kedua menang dalam tiga set dengan skor 15-9, 12-15, 15-9. Sementara, untuk pertandingan tim ketiga tidak dimainkan lagi karena Jawa Timur sudah unggul 2-0.

Pelatih sepak takraw putri Jawa Timur Aprian mengatakan anak asuhnya bermain dengan performa terbaik dan beberapa kesalahan di babak penyisihan grup sudah bisa diperbaiki sehingga tidak kehilangan poin.

"Untuk partai final nanti, kami sudah ingatkan para pemain menyiapkan mental dan fisik. Secara umum, anak-anak juga sudah siap. Target kami tentu yang terbaik, meraih medali emas," kata Aprian.

Sementara, Sulawesi Selatan melaju ke semifinal setelah menang mudah atas tuan rumah Aceh. Aceh menurunkan pemain debutan di tim pertama dan kalah telak 4-15, 7-15.

Sedangkan pertandingan tim kedua dan tim ketiga tidak dimainkan lagi sehingga Sulawesi Selatan dinyatakan menang 3-0.

Baca juga: Sepak Takraw - Sulsel kunci tiket final nomor tim regu putra PON XXI

"Ada beberapa pemain kami cedera. Jadi, pertandingan di semifinal tidak dilanjutkan. Selain itu, fokus kami pada nomor quadrant. Untuk nomor perorangan kuadran, kami menargetkan medali emas," kata pelatih sepak takraw putri Aceh Muhammad Sulaiman

Sementara itu, pelatih sepak takraw putri Sulawesi Selatan Najamuddin mengatakan tidak menerapkan strategi khusus saat menghadapi Aceh. Hanya saja anak asuhnya harus siap mental menghadapi tim tuan rumah.

"Kami menang karena beberapa pemain Aceh mengalami cedera. Dan Aceh juga lebih memfokuskan untuk nomor quadrant setelah ini, sehingga menurunkan pemain kedua," kata Najamuddin.

Partai final sepak takraw nomor tim regu putri PON Aceh-Sumut 2024 dijadwalkan berlangsung di Gedung Idi Sport Center pada Rabu (11/9).

Baca juga: Sepak takraw - Tim putri Aceh hadapi Sulsel di semifinal PON XXI
Baca juga: Pelatih Bali apresiasi masyarakat Aceh Timur sambut PON XXI

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024