Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 mengapresiasi keterpaduan antara pembukaan PON 2024 di Aceh dan di Sumatera Utara (Sumut) pada Senin (9/9) malam.

Ketua Panwasrah PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 Wilayah Sumut Mayjen TNI (Purn) Heru Suryono mengatakan meski digelar di dua lokasi berbeda, pembukaan PON 2024 berjalan secara simultan dan selaras, yang menandakan solidnya kolaborasi antara kedua wilayah tuan rumah.

“Ini luar biasa, pembukaan yang berlangsung di dua lokasi secara bersamaan sangat positif untuk kita semua,” ujar Heru di Medan, Sumatera Utara, Selasa.

Maka dari itu, Heru menilai upacara pembukaan PON kali ini menjadi momen bersejarah karena untuk pertama kalinya digelar di dua provinsi sekaligus, Aceh dan Sumut, serta bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional.

Dia pun berharap dengan adanya pembukaan yang sukses digelar di dua wilayah, PON 2024 selanjutnya dapat berjalan dengan aman, lancar, dan sukses sesuai dengan empat sasaran utama yang telah disampaikan bersama.

Keempat sasaran yang dimaksud, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi daerah, dan sukses administrasi.

Adapun di Sumut, upacara pembukaan diselenggarakan di Stadion Baharuddin Siregar, Deli Serdang, Sumatera Utara. Di dalam stadion, terdapat videotron besar yang menayangkan siaran relay (terusan) pembukaan PON dari Aceh.

Kendati demikian, terdapat pula defile atlet yang diikuti oleh kontingen dari 38 provinsi dan Ibu Kota Nusantara (IKN) serta pertunjukan hiburan yang digelar sebelum dan sesudah siaran terusan ditayangkan.

Baca juga: Berburu emas di hari pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024

Menurut Heru, berbagai acara tambahan tersebut turut menambah semarak upacara pembukaan PON di Sumut yang disaksikan langsung oleh sekitar 6.000 penonton di stadion.

Selain di dalam stadion, terdapat pula videotron yang dipasang di luar stadion agar penonton bisa tetap menikmati acara pembukaan PON 2024 secara bersama-sama.

“Videotron disiapkan agar penonton yang tidak bisa masuk bisa nonton bareng di luar,” ucap dia.

PON Aceh-Sumut 2024 diselenggarakan pada 8-20 September, namun sejumlah pertandingan sudah digelar sejak akhir Agustus. Sebanyak 65 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam perhelatan di dua wilayah tersebut, yang diisi mulai dari cabang olahraga tradisional hingga modern.

Pembukaan PON XXI 2024 telah berlangsung pada Senin (9/9) di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Sementara itu, acara penutupan akan dilaksanakan pada Jumat (20/9) di Stadion Utama Sport Center Sumut.

Adapun PON Aceh-Sumut 2024 menjadi edisi terbesar dalam sejarah karena melibatkan hampir 13.000 atlet dan 6.000 lebih ofisial. Selain itu, PON kali ini juga menjadi yang pertama dilaksanakan di dua provinsi sebagai tuan rumah.

Baca juga: Makna mendalam di balik antusiasme warga Aceh saksikan pembukaan PON
Baca juga: Mereka yang menjadi simbol penyala api semangat PON XXI

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024