Beijing (ANTARA) - China akan memperkuat kerja sama pembersihan ranjau dengan negara-negara Afrika dan membantu mereka menghilangkan ancaman ranjau sesegera mungkin, kata juru bicara kementerian luar negeri Mao Ning pada hari Senin.

Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Kerja Sama China-Afrika (Forum on China-Africa Cooperation/FOCAC) 2024, China mengumumkan "aksi untuk Afrika yang bebas ranjau" (action for a mine-free Africa) yang merupakan salah satu dari sejumlah langkah praktis yang telah diambil negara tersebut untuk mengimplementasikan Inisiatif Keamanan Global (Global Security Initiative/GSI) di Afrika, ujar Mao.

Mao menyatakan bahwa kerja sama perdamaian dan keamanan merupakan bidang penting dalam pembentukan komunitas China-Afrika yang tangguh dengan masa depan bersama untuk era baru.

Dia mengatakan bahwa China berkomitmen memberikan bantuan dan kerja sama pembersihan ranjau kemanusiaan, dan telah melakukan tindakan konkret guna mendukung Ethiopia, Angola, Eritrea, Chad, dan banyak negara lainnya dalam meningkatkan kapasitas mereka untuk pembersihan ranjau, berkontribusi pada keselamatan warga sipil setempat, serta mendorong pembangunan ekonomi dan sosial setempat.

China siap bekerja sama dengan negara-negara Afrika untuk memperkuat kerja sama pembersihan ranjau kemanusiaan melalui bantuan material, pelatihan personel, bimbingan langsung di lokasi, dan berbagai cara lainnya, imbuh Mao.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024