Jakarta (ANTARA) - Liga Jerman atau Bundesliga yang memiliki nama lengkap Fußball-Bundesliga merupakan kompetisi liga sepak bola profesional Jerman yang dibentuk pada tahun 1963.

Perkembangan struktur liga profesional di Jerman saat itu terbilang cukup lambat dibanding negara Eropa lain, yang telah memiliki sistem kompetisi sepak bola profesional lebih dulu.

Sebelum terbentuknya Bundesliga, pertandingan sepak bola di Jerman dimainkan di tingkat amatir di sejumlah besar sub-regional liga.

Menurut laman resmi Bundesliga, dengan Jerman yang terbagi menjadi dua hingga reunifikasi pada 1990, wilayah timur negara itu menjalankan sistemnya sendiri melalui DS-Oberliga dari tahun 1948 hingga 1991.

DS-Oberliga yang kemudian berganti nama menjadi Fußball Oberliga DFV pada 1958 telah membentuk struktur liga Timur. Kala itu semuanya masih amatir atau semi-profesional dan penggabungan Oberligen Jerman Barat menandai era baru profesionalisme sepak bola di negara tersebut.

Seiring berjalan-nya waktu, perkembangan sistem liga sepak bola profesional di Jerman terus meningkat. Terbukti dari sini lahir tim-tim besar seperti Bayern Munchen, Borussia Dortmund, FC Schalke, dan Bayer Leverkusen.

Baca juga: Leverkusen amankan tiga poin dari markas Monchengladbach

Saat ini, Bundesliga diikuti 18 tim dan total 504 pemain profesional di dalamnya. Bayer Leverkusen sang juara bertahan berupaya mempertahankan gelarnya di musim 2024/2025 ini.

Dua tim promosi, yaitu FC St. Pauli dan Holstein Kiel juga siap menjadi penantang dalam ajang Bundesliga tahun ini.

Lalu, siapa saja 18 tim yang akan berlaga itu? Simak selengkapnya.

1. Bayern Munchen

Klub yang bermarkas di Allianz Arena ini merupakan tim tersukses di jerman dengan torehan 33 kali gelar juara liga dan 20 kali juara piala Jerman (DFB Pokal).

2. Bayer Leverkusen
​​​​​​​

Klub yang memiliki nama lengkap Bayer 04 Leverkusen Fußball GmbH ini merupakan klub sepak bola profesional Jerman yang berbasis di kota Leverkusen, negara bagian Nordrhein-Westfalen. Klub yang merupakan juara liga Jerman musim lalu ini (2023-2024) berhasil meraih gelar juaranya tanpa sekalipun kalah dalam satu musim.

Lewat tangan dingin Xabi Alonso sebagai sang pelatih, mampukah Bayer Leverkusen mempertahankan performa apiknya di musim ini?

Baca juga: Muenchen kehilangan Josip Stanisic beberapa minggu karena cedera

3. RB Leipzig
​​​​​​​

Walau terbilang masih baru, tim ini kerap memberi kejutan dalam perjalanannya di liga Jerman. Tim yang berdiri sejak tahun 2009 ini merupakan tim yang dibentuk oleh perusahaan minuman berenergi, setelah membeli hak tim divisi kelima, SSV Markranstädt dengan maksud untuk memajukan klub baru ke divisi liga yang lebih besar, yaitu Bundesliga.

RB Leipzig saat ini telah mengantongi 2 gelar DFB Pokal atau Piala Jerman.

4. Borussia Dortmund
​​​​​​​

Berdiri tanggal 19 Desember 1909, tim yang bermarkas di kota Dortmund ini memiliki warna khas kuning dan hitam sebagai identitas-nya.

Tim ini merupakan pesaing serius bagi Bayern Munchen dalam persaingan merebut gelar juara Bundesliga.

Dengan catatan 8 gelar juara liga dan 5 gelar juara DFB Pokal (Piala Jerman), The Borussian termasuk tim yang sukses di kancah sepak bola Jerman.

5. VfB Stuttgart
​​​​​​​

Klub yang berdiri tahun 1893 ini berasal dari penggabungan Stuttgarter FV dan Kronen-Club Cannstatt yang terdiri dari murid sekolah dengan akar kelas menengah yang baru belajar olahraga seperti rugby union dan sepak bola.

Stuttgart bukan sembarang tim, di musim lalu mereka berhasil menempati posisi Runner-up dengan perolehan 73 poin dari 34 pertandingan dengan 23 kali menang, 4 kali seri, dan 7 kali kalah.

Selama kiprahnya, mereka telah meraih 5 kali juara liga dan 3 kali juara piala Jerman.

Baca juga: Borussia Dortmund rekrut gelandang Jerman Pascal Gro dari Brighton

6. Eintracht Frankfurt
​​​​​​​

Frankfurt memiliki sejarah panjang dalam sepak bola Jerman. Berdiri sejak tahun 1899, tim ini juga dikenal dengan permainan agresif dan kerja sama tim yang solid.

Klub ini sering tampil mengejutkan, terutama di kompetisi Eropa, dan memiliki pendukung yang sangat fanatik.

Eintracht Frankfurt telah mengoleksi 1 gelar liga Jerman dan 5 gelar Piala Jerman.

7. VfL Wolfsburg
​​​​​​​

Bermarkas di Volkswagen Arena, tim ini didirikan pada tanggal 12 September 1945. Dikomandoi oleh Ralph Hasenhüttl sebagai pelatih kepala, Wolfsburg memiliki komitmen untuk menjadi tim yang konsisten di Liga Jerman, tim ini juga kerap menyulitkan tim-tim lain.

Tidak hanya di kancah domestik, tim ini juga seringkali bersaing di liga Eropa seperti UCL dan UEL.

Wolfsburg telah memiliki 1 gelar Bundesliga dan 1 gelar DFB Pokal (Piala Jerman).

8. SC Freiburg
​​​​​​​

Sport-Club Freiburg atau SC Freiburg merupakan sebuah tim sepak bola Jerman yang bermain di Bundesliga. Didirikan pada tahun 1904 sebagai Freiburger Fußballverein 04.

Tim ini bermarkas di Freiburg, dan memainkan pertandingan kandangnya di Europa-Park yang berkapasitas 34.700 penonton. Seragam mereka berwarna merah.

Freiburg belum pernah menyicipi gelar juara Bundesliga. Namun, tim ini pernah 2 kali merasakan gelar Bundesliga.2 (Kasta kedua liga Jerman).

Baca juga: Neuer tegaskan tak akan gantung sarung tangan di akhir musim

9. TSG 1899 Hoffenheim
​​​​​​​

Turn- und Sportgemeinschaft 1899 Hoffenheim e.V. merupakan sebuah tim sepak bola Jerman yang didirikan pada tahun 1899.

Bermarkas di Hoffenheim, sebuah desa di Sinsheim. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di PreZero-Arena yang berkapasitas 30.000 penonton. Seragam kebesaran mereka berwarna biru.

Hoffenheim bisa dibilang sebagai tim yang minim gelar, dilansir dari situs Transfermarkt, mereka hanya tercatat menjuarai Landespokal Baden sebanyak 4 kali.

Landespokal Baden adalah salah satu kejuaraan antar regional di Jerman dan tidak menjadi ajang yang begitu bergengsi.

10. Borussia Mönchengladbach
​​​​​​​

Borussia VfL 1900 Mönchengladbach e.V., dikenal sebagai Borussia Mönchengladbach, adalah klub sepak bola Jerman yang bermarkas di kota Mönchengladbach.

Masa keemasan klub ini adalah dekade tahun 1970-an di mana mereka memenangi 5 gelar Bundesliga dan 2 gelar Piala UEFA. Setelah itu prestasi mereka menurun dan sempat merasakan pentas divisi dua liga Jerman.

Tim ini juga berhasil meraih 3 gelar Piala Jerman (DFB Pokal) di musim 1994/95 , 1972/73 , dan 1959/60.

Belakangan ini Mönchengladbach juga kerap melahirkan pemain-pemain hebat seperti Marcus Thuram, Yann Sommer, Breel Embolo, hingga Manu Kone.

Baca juga: Merayakan gol-gol Robert Lewandowski

11. FC Union Berlin
​​​​​​​

Union Berlin memiliki nama lengkap 1. Fußballclub Union Berlin e. V. merupakan sebuah klub sepak bola asal Jerman yang bermain di Bundesliga.

Didirikan pada tahun 1966 dan berbasis di Köpenick, sebelah tenggara Berlin. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Alte Försterei yang berkapasitas 22.012 penonton.

Dari 2009 hingga 2010, mereka berkompetisi di Bundesliga.2, kasta kedua sepak bola Jerman.

Pada tahun 2010, setelah mengalahkan VfB Stuttgart dalam play-off degradasi, Union Berlin mendapatkan tiket promosi ke liga teratas, Bundesliga, untuk ke lima kalinya.

Stadion kandang mereka adalah stadion terpendek di ibu kota Jerman dan dibuka pada tahun 1920.

Stadion ini juga menyelenggarakan konser dan acara tahunan Weihnachtssingen Christmas carols.

Klub ini juga menjadi terkenal karena penggemarnya yang antusias dan kreatif serta menyanyikan lagu kebesarannya "Eisern Union".

12. SV Werder Bremen
​​​​​​​

klub sepak bola yang berbasis di kota Bremen, Jerman ini adalah klub sepak bola yang disegani di kompetisi Bundesliga. Dengan permainan sepak bola aktraktif dan menyerang, Werder Bremen merupakan tim sepak bola yang banyak menghasilkan gol ke gawang lawan dalam satu musim.

Werder Bremen pernah meraih kesuksesan di eropa, ketika berhasil meraih Piala Winners Eropa tahun 92. Di laga final mereka mengalahkan AS Monaco 2-0 melalui gol Klaus Allofs dan Wynton Rufer.

Di edisi terakhir Piala Eropa tahun 2009 Bremen sukses mencapai final di mana mereka bertemu tim Ukraina Shakhtar Donetsk. Bremen Kalah melalui perpanjangan waktu, dengan hasil akhir 2-1.

Werder Bremen total telah meraih 4 gelar Bundesliga dan 6 gelar DFB Pokal (Piala Jerman).

Baca juga: Mantan pelatih legendaris VfB Stuttgart meninggal dunia

13. FC Augsburg
​​​​​​​

Fußball-Club Augsburg 1907 e. V., atau dikenal sebagai FC Augsburg merupakan sebuah tim sepak bola Jerman yang bermain di divisi utama Bundesliga. dan didirikan pada tahun 1907.

Tim ini berasal dari kota Augsburg dan bermarkas di WWK Arena yang berkapasitas 30.660 penonton.

Augsburg masih minim gelar juara dan hanya pernah menjuarai gelaran kompetisi regional saja.

14. FSV Mainz 05

Merupakan klub sepak bola yang berbasis di kota Mainz.

Selama berkompetisi di liga profesional, Mainz belum pernah meraih prestasi yang prestisius. Total mereka hanya pernah merah 1 gelar German Amateur Championship dan 3 gelar Landespokal Sudwest Winner (Turnamen sepak bola regional).

Tim ini bermarkas di Mewa Arena yang memiliki kapasitas 33.305 penonton.

Baca juga: Dortmund pinjamkan Salih Ozcan kepada Wolfsburg selama semusim

15. VfL Bochum
​​​​​​​

Klub ini berdiri pada tahun 1848, namun pada saat itu belum menjadi sebuah klub sepak bola melainkan hanya sebagai perkumpulan olahraga khususnya senam.

Kemudian, barulah pada tahun 1911 tim ini memiliki cabang sepak bola. Prestasi terbaik yang dimiliki Vfl Bochum adalah sebagai juara 4 kali Bundesliga.2 (kasta kedua sepak bola Jerman), finalis Piala Jerman pada tahun 1968 dan 1988.

Selain itu, klub ini belum pernah sekalipun menorehkan prestasi yang bergengsi.

16. FC Heidenheim 1846

FC Heidenheim 1846 adalah klub sepak bola Jerman dari kota Heidenheim, Baden-Württemberg. Klub ini sebenarnya berdiri sejak 1846, namun sama seperti Bochum, klub ini tadinya hanya sebuah perkumpulan olahraga.

Barulah pada 1972 klub ini resmi membentuk kesebelasan sepak bola. Lalu, di tahun 2007 klub ini memisahkan diri dari Heidenheimer Sportbund, persatuan olahraga yang lebih besar yang memiliki 5.800 anggota di 27 departemen yang sebelumnya menaungi klub ini.

Kemandirian sisi sepak bola yang diambil tim ini, memungkinkan mereka beroperasi di bawah standar ekonomi yang lebih ketat yang ditetapkan untuk klub profesional yang merupakan anggota Asosiasi Sepak Bola Jerman.

Baca juga: Bayer Leverkusen dapatkan Nordi Mukiele dari PSG

17. FC St. Pauli
​​​​​​​

Tim sepak bola yang memiliki ideologi sayap kiri ini, memberikan ruang bagi para suporter-nya untuk ikut andil dalam menentukan tujuan dan keputusan tim tersebut.

Dengan prinsip kebersamaan dan kesetaraan, membuat tim ini terus bertahan tanpa campur tangan kekuasaan bisnis di dalam kepemilikan tim.

Memiliki nama lengkap Fußball-Club St Pauli von 1910, tim ini berasal dari kota Hamburg dan identik dengan lambang tengkorak yang melambangkan masyarakat kelas menengah ke bawah atau kelas pekerja.

Tim ini telah meraih 2 kali gelar juara Bundesliga.2 (kasta kedua sepak bola Jerman), namun belum pernah sukses di kasta tertinggi Bundesliga.

18. Holstein Kiel
​​​​​​​

Sama seperti ST. Pauli, tim ini juga kontestan baru dalam Bundesliga musim 2024/2025.

Didirikan pada 7 Oktober 1900, tim ini bermarkas di Holstein Stadion yang berkapasitas 15.034 penonton.

Tim ini sukses meraih 13 gelar juara piala regional di wilayah Holstein dan 1 kali juara liga Jerman pada musim 1911/1912.

Baca juga: Klasemen sementara Liga Jerman: Heidenheim, Bayern dan Leipzig teratas

Baca juga: Jadwal Liga Jerman: Bayer Leverkusen berjumpa dengan RB Leipzig

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024