Jakarta (ANTARA) - Bagi Anda yang memiliki aktivitas yang sangat padat di pagi hingga sore hari baik itu karena bekerja ataupun kegiatan lainnya, namun tetap ingin menjaga kebugaran tubuh Anda bisa melakukan olahraga di malam hari.

Berolahraga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari meningkatkan stamina, memperkuat sistem imun, hingga menjaga kesehatan mental. Pada dasarnya, berolahraga di waktu kapan pun bisa memberikan manfaat tersendiri bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Bagi Anda yang ingin berolahraga di malam hari, waktu terbaik untuk berolahraga di malam hari adalah antara pukul 18:00 hingga 20:00.

Pada jam-jam tersebut, suhu tubuh sedang berada di puncaknya sehingga otot-otot berada dalam kondisi paling fleksibel dan siap untuk beraktivitas secara optimal. Suhu tubuh yang lebih tinggi ini membantu meningkatkan kinerja otot serta memaksimalkan aktivitas enzim, membuat olahraga lebih efektif. Berolahraga di malam hari juga memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan kualitas tidur

Endorfin yang dilepaskan selama olahraga membantu tubuh merasa rileks dan nyaman, yang pada akhirnya akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak di malam hari.

2. Mengurangi stres

Olahraga setelah seharian beraktivitas bisa menjadi cara untuk melepaskan stres. Hal itu dapat berpengaruh dalam meredakan ketegangan otot.

3. Memaksimalkan performa fisik

Suhu inti tubuh dan fungsi kardiovaskular mencapai puncaknya sekitar pukul 6 sore. Hal itu berpengaruh untuk meningkatkan kekuatan, kecepatan, dan stamina tubuh yang menjadikan olahraga malam ideal untuk meningkatkan performa fisik.

4. Membantu penurunan berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga di malam hari dapat meningkatkan proses pembakaran lemak, khususnya pada pria.

5. Meningkatkan fokus dan kekuatan

Waktu malam bisa memaksimalkan kinerja fisik sehingga cocok bagi mereka yang ingin mencapai hasil maksimal dalam latihan, termasuk bagi para atlet yang mengutamakan peningkatan performa ketika berolahraga.

6. Relaksasi sebelum tidur

Dengan memberi tubuh waktu untuk bersantai setelah berolahraga, Anda bisa merasa lebih rileks dan siap untuk tidur selama olahraga tidak dilakukan terlalu dekat dengan waktu tidur. Berolahraga dalam dua jam sebelum tidur bisa membuat sulit tertidur karena rangsangan kognitif dan lonjakan adrenalin yang membuat otak tetap aktif.

Berolahraga di malam hari memiliki banyak manfaat selama tidak dilakukan secara berlebihan dan selesai 1-2 jam sebelum tidur.


Baca juga: Olahraga yang disarankan menjelang waktu tidur

Baca juga: Nesia Weroza tekuni olahraga agar mental terjaga usai main film horor

Baca juga: Olahraga malam atau pagi, mana yang lebih baik?

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024