Jakarta (ANTARA) - Pembalap Gresini Racing Federal Oil Marc Marquez menyatakan ingin menang secara konsisten di sisa balap MotoGP sepanjang musim ini setelah meraih juara pada Grand Prix San Marino di Sirkuit Misano Marco Simoncelli, Italia.

"Saya tidak bisa mengatakan apakah ini akan menjadi persaingan terbuka untuk titel Juara Dunia, tetapi kami ingin terus mencari konsistensi," kata kata Marc Marquez dalam siaran pers Federal Oil pada Selasa.

Juara dunia delapan kali Marc Marquez juga mencetak tren positif setelah pada akhir pekan sebelumnya merebut podium tertinggi di balapan kandangnya, yakni Grand Prix Aragon di Spanyol.

Tak hanya itu, hasil ini juga merupakan kemenangan back-to-back pertama Marquez setelah terakhir kali ia torehkan pada Grand Prix Amerika dan Grand Prix Emilia-Romagna edisi 2021.

"Gerimis, hujan itu sangat membantu. Mungkin (mendiang) Fausto Gresini melihat ke bawah dan membantu kami. Saya pikir tidak akan kehilangan apa pun dan mengerahkan segalanya," kata Marc Marquez.

Baca juga: Marquez merasa dibantu hujan saat juarai GP San Marino

Marquez berada di depan juara dunia dua kali sekaligus polesitter Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan rekan satu timnya, Enea Bastianini, yang masing-masing finis di posisi kedua dan ketiga pada balapan kandang Ducati ini.

Bagnaia terpaut 3,102 detik dari Marquez yang memulai balapan dari posisi kesembilan. Sementara, Bastianini memiliki margin 5,428 detik dari sang pemimpin balapan.

"Sejujurnya, saya tidak akan pernah kembali ke pit untuk mengganti motor, dan tentu saja tidak secepat itu. Tetapi saya memilih untuk mengikuti naluri pembalap tuan rumah yang tetap bertahan," ujar Marc Marquez.

Alex Marquez yang berhasil finis posisi enam mengatakan hasil di San Marino merupakan hasil kerja keras karena ia merasa kesulitan selama balapan.

“Perlombaan ini sangat sulit secara fisik dan saya mengalami cedera. Kami membawa pulang hasil yang bagus, tetapi menjelang akhir saya benar-benar berada di batas kemampuan saya," kata Alex, adik dari Marc Marquez.

Baca juga: Bagnaia akui kehilangan konsentrasi saat lakoni GP San Marino

"Hal baiknya adalah kami merasa baik dan saya ingin mengucapkan selamat kepada saudara saya. Setelah ini kami akan kembali ke jalur untuk mempersiapkan balap berikutnya, yang akan diadakan di sini lagi," kata dia.

Rommy Averdy Saat selaku Market Development General Manager ExxonMobil Lubricants Indonesia (Federal Oil) sebagai sponsor mengapresiasi kinerja Marc Marquez yang semakin nyaman dan optimal saat mengendarai Ducati Desmosedici GP23.

"Kebanggaan bagi Federal Oil™ bisa melihat pembalap Gresini Racing kembali meraih podium kemenangan di MotoGP San Marino 2024," kata Rommy Averdy.

"Menggunakan livery khusus di MotoGP San Marino 2024 ternyata memberikan semangat besar bagi tim untuk tampil makin nyaman di sesi Full Race. Meskipun harus memulai balapan dari barisan ketiga, talenta Marc tidak perlu diragukan lagi, dan kemenangan ini pantas dirayakan bersama oleh para penggemar MotoGP, terutama konsumen Federal Oil," kata dia.

Seri ke-14 MotoGP 2024 akan kembali ke Sirkuit Misano dalam seri MotoGP Emilia-Romagna pada 20-22 September 2024. Saat ini, Marc memiliki 259 poin berada di posisi tiga sedangkan Alex berada di posisi 10 dengan 114 poin.

Berikut klasemen sementara MotoGP setelah GP San Marino

1. Jorge Martin 312
2. Francesco Bagnaia 305
3. Marc Marquez 259
4. Enea Bastianini 250
5. Brad Binder 161
6. Pedro Acosta 152
7. Maveric Vinales 139
8. Fabio Di Giannantonio 119
9. Aleix Espargaro 119
10. Alex Marquez 114

Baca juga: Bezzecchi sebut hasil di Misano buah dari strategi yang tepat dan aman
Baca juga: Bagnaia akui masih derita rasa sakit akibat cedera di Aragon

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024