Kami mengintensifkan kembali program ini karena penanganan itu bukan hanya urusan Dinas Kesehatan (Dinkes), semua pihak harus bergerak bersama
Cirebon (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon, Jawa Barat, mengerahkan kader juru pemantau jentik (jumantik) pada setiap desa sebagai upaya untuk mengurangi jumlah populasi nyamuk penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD).
 
“Kami mengintensifkan kembali program ini karena penanganan itu bukan hanya urusan Dinas Kesehatan (Dinkes), semua pihak harus bergerak bersama,” kata Penjabat (Pj) Bupati Cirebon Wahyu Mijaya di Cirebon, Selasa.
 
Ia menjelaskan penanganan DBD saat ini menjadi prioritas, karena jumlah penderita penyakit tersebut tergolong banyak di Kabupaten Cirebon.
 
Pihaknya mencatat sampai minggu ke-35 pada 2024 terdapat 1.400 kasus DBD yang sudah ditangani oleh Dinkes Kabupaten Cirebon, dengan enam pasien dinyatakan meninggal dunia.

Baca juga: Kemenkes gelar kampanye cegah DBD bersama kader Jumantik
 
“Maka dari itu kami berupaya untuk mengerahkan kader jumantik supaya populasi dan kasus DBD di Kabupaten Cirebon menurun,” ujarnya.
 
Wahyu mengatakan program jumantik dilaksanakan di tingkat desa atau kelurahan. Nantinya para kader secara rutin memeriksa lokasi yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, seperti genangan air di bak mandi, pot bunga, talang air, dan wadah lainnya.
 
Selain memantau, kata dia, kader jumantik juga bertugas memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes aegypti.
 
“Tujuannya agar masyarakat bersama kader jumantik bisa mencegah sebaran sarang nyamuk di sekitar tempat tinggalnya. Minimal tidak ada populasi nyamuk,” ujarnya.

Baca juga: Dinkes Kota Cirebon catat 164 orang dirawat karena terjangkit DBD
 
Sementara itu Kepala Dinkes Kabupaten Neneng Hasanah menyampaikan saat ini pihaknya berupaya menekan angka kasus DBD, agar tidak menimbulkan korban jiwa.
 
Dia menambahkan upaya tersebut difokuskan pada deteksi dini dan penanganan cepat, supaya tidak ada lagi kasus penderita DBD yang meninggal akibat keterlambatan mendapat pelayanan kesehatan.
 
Ia juga mengajak masyarakat untuk lebih aktif menjaga lingkungan serta memastikan tidak ada tempat berkembangbiak nyamuk.
 
“Setiap keluarga perlu memiliki jumantik yang bertugas memantau jentik nyamuk di sekitar rumah. Dengan langkah ini kami berharap kasus DBD bisa berkurang, terutama di wilayah-wilayah endemis,” ucapnya.

Baca juga: Dinkes Cirebon catat kasus DBD Januari-Juni capai 1.000 orang

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024