Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Indonesia Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin mampu mengatasi berbagai tantangan pada babak pertama Hong Kong Open 2024, Selasa, demi memastikan tempat di babak 16 besar.

Fikri/Daniel menang atas pasangan Denmark Daniel Lundgaard/Mads Vestergaard melalui dua gim langsung 21-14, 21-17 pada pertandingan yang digelar di Kowloon, Hong Kong tersebut.

“Tadi pertandingan tidak mudah, lawan banyak menunda pertandingan, intimidasi. Selain itu, kami juga masih dalam tahap adaptasi lapangan. Cukup baik tapi masih banyak kesalahan yang dilakukan,” ungkap Daniel, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

“Kami juga harus memantapkan lagi pola permainan yang sesuai dengan kondisi shuttlecock kencang dan lapangan yang berangin seperti ini,” ujarnya menambahkan.

Mengenai intimidasi, Daniel mengungkapkan lawan banyak melakukan protes kepada wasit untuk menghancurkan fokusnya dan Fikri.

“(Itu) Tipikal mereka jadi kami tidak terlalu kaget. Kami fokus saja dengan poin demi poin, mencoba tidak terpancing emosi,” kata Daniel.

Namun, semifinalis Japan Open dan Korea Open 2024 itu juga mengakui bahwa mereka melakukan cukup banyak kesalahan saat bertanding.

“Kami masih banyak melakukan kesalahan sendiri dan itu harus kami kurangi di pertandingan selanjutnya,” ungkap Fikri.

Baca juga: Kalahkan The Daddies, Sabar/Reza melaju ke 16 besar Hong Kong Open

Mengenai peluang juara, Fikri/Daniel menyebut tidak ingin berpikir terlalu jauh karena ingin fokus di setiap pertandingan yang mereka ikuti.

“Peluang menjadi juara pasti ada untuk setiap pemain tapi kami tidak mau berpikir terlalu jauh. Kami fokus satu langkah demi satu langkah saja,” kata Fikri.

“Di depan masih banyak lawan-lawan bagus walau juara bertahan (Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark)) langsung terhenti tadi,” ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, ganda putra Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani memastikan tempat mereka di babak 16 besar Hong Kong Open 2024 setelah menang atas sesama pasangan Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan pada babak 32 besar.

Sementara itu, masih ada ganda putra Indonesia lainnya yang berlaga di babak pertama turnamen BWF Super 500 ini.

Juara Korea Open 2024 Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana yang akan bertemu untuk pertama kalinya dengan wakil Prancis Christo Popov/Toma Junior Popov hari ini.

Baca juga: Perang saudara warnai hari pertama Hong Kong Open 2024
Baca juga: Usai Taipei, Ana/Tiwi ingin lanjutkan tren positif di Hong Kong Open


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024