Jakarta (ANTARA) - Menurunkan berat badan selain menjaga asupan makanan, juga bisa dengan berolahraga. Olahraga merupakan salah satu bentuk aktifitas fisik yang bermanfaat bagi tubuh dan bisa dilakukan di mana saja, termasuk di dalam rumah.

Terdapat pilihan olahraga yang praktis bisa dilakukan meski di rumah saja yang efektif dapat membakar kalori berlebih dalam tubuh untuk bantu menurunkan berat badan. Olahraga di rumah ini bisa Anda lakukan pada waktu pagi hari maupun sore hari.

Lantas, apa saja olahraga yang dapat dilakukan meski di rumah aja untuk bantu menurunkan berat badan?

1. Lompat tali

Lompat tali salah satu bentuk olahraga kardio yang bisa dilakukan di rumah dengan mudah dan praktis hanya memerlukan jumping rope. Melakukan lompat tali selama selama 20 menit bisa membakar sekitar 220 hingga 270 kalori.

Bahkan, melakukan lompat tali dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan berjalan di atas treadmill dalam waktu yang sama, dilansir dari WebMd. Sebagai permulaan, cobalah lompat tali dengan jangka waktu selama 20 detik, atur ritme perlahan dan usahakan agar tidak tersandung tali. Jangan lupa beristirahat sejenak setelah setiap putaran.

2. Naik turun tangga

Naik turun tangga biasa dilakukan sehari-hari di rumah, aktivitas fisik ini juga bisa dianggap sebagai bentuk olahraga yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Melakukan olahraga naik turun tangga selama 15 menit setidaknya dapat membakar 65 kalori tubuh. Selain itu, naik turun tangga dapat meningkatkan detak jantung dan menguatkan otot Anda.

3. Dance

Melakukan dance atau menari salah satu bentuk olahraga aerobik yang juga membantu dalam menurunkan berat badan yang dapat membakar kalori. Anda bisa melakukan dance di rumah, dengan mengikuti kelas cardio dance secara online atau mencoba gerakan dance yang sedang viral di media sosial.

4. Jalan cepat

Jalan cepat yang biasa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari ini, kerap dianggap sebagai olahraga yang praktis tanpa merasa terbebani peralatan. Anda bisa melakukan olahraga dengan berjalan kaki lebih cepat dengan mengitari rumah.

Melakukan olahraga ini selama 30 menit, Anda dapat membakar sebanyak 210 kalori. Semakin cepat dan semakin lama Anda berjalan, semakin banyak kalori yang terbakar.

5. Yoga

Yoga salah satu bentuk olahraga yang mengombinasikan antara gerakan tubuh, pernapasan, meditasi, dan relaksasi. Meskipun gerakannya tidak intens seperti olahraga lainnya, namun yoga juga dapat membakar cukup banyak kalori untuk mendorong penurunan berat badan. Melakukan gerakan yoga selama 1 jam, Anda dapat membakar sekitar 250 kalori.

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024