Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi anak-anak di kawasan The Mandalika dengan menyediakan perpustakaan keliling, sehingga memudahkan anak-anak dalam mengakses buku-buku edukatif
Lombok Tengah (ANTARA) - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) meluncurkan program pencegahan stunting dan pojok baca di Bazaar Mandalika, kawasan The Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). dalam rangka mewujudkan generasi cerdas dan sehat.

Corporate Secretary Group Head ITDC Million Sekarsari di Lombok Tengah, Selasa, mengatakan kegiatan pojok baca yang menjadi bagian dari Program Mandalika Child Learning Center (CLC) di Bazaar Mandalika, adalah hasil kolaborasi antara ITDC, Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI), dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi anak-anak di kawasan The Mandalika dengan menyediakan perpustakaan keliling, sehingga memudahkan anak-anak dalam mengakses buku-buku edukatif," katanya .

Tak hanya itu, lanjut dia, kegiatan itu juga dimeriahkan dengan lomba mewarnai bagi anak-anak TK serta sesi membaca bersama yang dipandu oleh Duta Baca, menjadikannya pengalaman edukatif yang menyenangkan.

Baca juga: Kemenaker: Job Fair di Bazar Mandalika mulai dibuka hari ini

“ITDC berkomitmen untuk berperan aktif dalam mengurangi prevalensi stunting dan meningkatkan minat literasi terhadap anak-anak di kawasan The Mandalika melalui pendekatan komprehensif," katanya.

Program pencegahan stunting dan kegiatan pojok baca ini mencerminkan komitmen BUMN itu terhadap Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sebagai pengelola kawasan pariwisata The Mandalika.

Dengan investasi dalam kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, pihaknya membangun fondasi yang kuat untuk masa depan yang lebih baik, baik untuk masyarakat lokal maupun The Mandalika sebagai destinasi wisata unggulan.

Baca juga: ITDC: MotoGP 2024 ajang pacu ekonomi dan pariwisata nasional

"Ini merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan meningkatkan pengembangan pariwisata di Mandalika," katanya.

Ia mengatakan penanganan stunting memerlukan pendekatan yang ditangani secara kolaboratif dan berkelanjutan. ITDC berkomitmen mendukung pencegahan stunting melalui program yang tidak hanya fokus pada bantuan makanan tambahan, tetapi juga memberikan edukasi kepada para orang tua mengenai pentingnya pola makan sehat bagi tumbuh kembang anak.

"Dengan program ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam mengurangi angka stunting di desa-desa penyangga kawasan The Mandalika, seperti Desa Prabu maupun Desa Mertak, serta desa lainnya," kata Million Sekarsari.

Baca juga: Gubernur NTB cek kesiapan infrastruktur Sirkuit Mandalika
 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024