Vientiane (ANTARA) - Ketinggian air Sungai Mekong meningkat pascahujan yang terjadi secara terus-menerus selama musim hujan di Laos. Biro cuaca negara itu memperingatkan bahwa hujan lebat akan terus berlanjut di seluruh penjuru negeri yang terletak di Asia Tenggara itu, dengan ketinggian air yang terus meningkat di Sungai Mekong dan anak-anak sungai utamanya.

Ketinggian air Sungai Mekong di seksi Vientiane tercatat di angka 11,55 meter pada Rabu (28/8), melebihi level peringatan 11,50 meter, dengan level bahaya di angka 12,50 meter, menurut laporan yang dirilis oleh Departemen Meteorologi dan Hidrologi Laos (Lao Department of Meteorology and Hydrology).

Aliran air Sungai Mekong bervariasi secara signifikan antara periode surut dan banjir. Di Laos, musim hujan berlangsung dari Mei hingga Oktober.
 
Foto yang diabadikan menggunakan drone pada 26 Agustus 2024 ini menunjukkan air yang meluap di Sungai Mekong di Vientiane, ibu kota Laos. (Xinhua/Kaikeo Saiyasane)Foto yang diabadikan pada 26 Agustus 2024 ini menunjukkan air yang meluap di Sungai Mekong di Vientiane, ibu kota Laos. (Xinhua/Kaikeo Saiyasane)
 
Foto yang diabadikan pada 26 Agustus 2024 ini menunjukkan air yang meluap di Sungai Mekong di Vientiane, ibu kota Laos. (Xinhua/Kaikeo Saiyasane)Foto yang diabadikan pada 27 Agustus 2024 ini menunjukkan sejumlah penduduk desa mengamati air yang meluap di Sungai Mekong di Vientiane, ibu kota Laos. (Xinhua/Kaikeo Saiyasane)
 
Foto yang diabadikan pada 27 Agustus 2024 ini menunjukkan sejumlah penduduk desa mengamati air yang meluap di Sungai Mekong di Vientiane, ibu kota Laos. (Xinhua/Kaikeo Saiyasane



 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024