Banjarbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berupaya mengangkat budaya lokal lewat kegiatan Festival Budaya Nusantara program jalur rempah pada 18-25 Oktober 2024.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel Raudati Hildayati di Banjarbaru, Selasa, mengatakan kegiatan ini merupakan kolaborasi bersama Kemendikbudristek sebagai upaya melestarikan berbagai seni dan budaya khas Kalimantan Selatan.

Baca juga: Kalsel luncurkan “Nature Exhibition Banua Botanical Garden”

“Kegiatan ini kami namakan Pekan Kebudayaan Banua. Banyak kegiatan yang disiapkan seperti pentas seni pelajar, penampilan tari daerah, pameran kain tradisional seluruh Nusantara, berbagai macam kuliner lokal dan Nusantara, dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Raudati menyebutkan kegiatan Pekan Kebudayaan Banua ini merupakan perpaduan dari berbagai kegiatan kebudayaan yang selama ini dilaksanakan di berbagai lokasi, dirangkum menjadi satu kesatuan dengan maksud agar masyarakat dapat mengenal lebih jelas secara keseluruhan seni dan budaya daerah.

Baca juga: Kalsel menggelar Festival Budaya Pasar Terapung di Sungai Martapura 

Selain itu, upaya ini juga untuk meningkatkan animo dan daya tarik masyarakat menyaksikan secara langsung kegiatan skala besar karena akan banyak penampilan putra dan putri daerah dalam berbagai pertunjukan seni.

Raudati mengatakan pekan kebudayaan ini akan dilaksanakan di pusat ibu kota provinsi di Banjarbaru, sehingga nantinya akses masyarakat untuk menonton lebih mudah dan dekat.

Dia berharap event besar ini dapat terlaksana dengan baik melalui berbagai persiapan yang dilakukan panitia pelaksana, dan tentunya dapat terlaksana secara rutin setiap tahun.

Baca juga: Kalsel gelar seminar festival wisata budaya internasional 2024

“Kegiatan ini kita upayakan terlaksana setiap tahun di lokasi yang berbeda-beda agar lebih mudah menjangkau masyarakat,” ujar Raudati.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024