Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Persatuan Golf Indonesia (PGI) memanfaatkan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 untuk menjaring bibit atlet berprestasi terlebih di cabang olahraga tersebut akan ada 86 atlet yang berpartisipasi terdiri dari 60 pegolf putra dan 26 pegolf putri. 

Anggota Bidang Kejuaraan dan Prestasi PGI Dian Mariyun menilai para peserta yang maju dalam PON 2024 merupakan atlet terbaik dari setiap provinsi.

"Jadi PON multicabang nasional yang berlangsung empat tahun sekali ini dijadikan ajang pencarian bibit pegolf dari setiap provinsi," kata Dian saat dihubungi di Medan, Sumatera Utara, Selasa.

Adapun pertandingan cabang olahraga golf pada PON 2024 akan berlangsung pada 12-18 September di Royal Sumatra Golf Course Medan.

Nantinya, para atlet akan bertanding untuk tujuh nomor pertandingan, yakni perorangan putra, perorangan putri, beregu putra, beregu putri, foursome (berempat) putra, foursome putri, dan campuran (mix) foursome.

Ia menuturkan sebanyak 86 pegolf tersebut berasal dari 23 provinsi, yaitu Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, serta Kalimantan Selatan.

Kemudian, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Lampung, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Baca juga: Royal Sumatra Golf Course siap sambut PON XXI 2024

"Selamat berjuang dan bertanding untuk para atlet golf Indonesia yang akan membela daerahnya dalam ajang PON kali ini," ucap dia.

Setelah PON, masih terdapat beberapa pertandingan golf lainnya pada sisa penghujung tahun ini, yakni seperti Mid Amateur Series #7 pada 24-25 Oktober, National Amateur Open Championship Series #2 pada Oktober, serta Riverside Club Championship Mid-Amateur Series #7 pada 4-5 Desember.

Sementara itu, PON Aceh-Sumut 2024 diselenggarakan pada 8-20 September dan sejumlah pertandingan sudah digelar sejak akhir Agustus. Sebanyak 65 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam perhelatan di dua wilayah tersebut, yang diisi mulai dari cabang olahraga tradisional hingga modern.

Pembukaan PON 2024 telah berlangsung pada Senin (9/9) di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Sementara itu, acara penutupan akan dilaksanakan pada 20 September di Stadion Utama Sport Center Sumut.

Adapun PON Aceh-Sumut 2024 menjadi edisi terbesar dalam sejarah karena melibatkan hampir 13.000 atlet dan 6.000 lebih ofisial. Selain itu, PON kali ini juga menjadi yang pertama dilaksanakan di dua provinsi sebagai tuan rumah.

Baca juga: 86 pegolf dari 23 provinsi siap bertanding di PON 2024
Baca juga: Saaih Halilintar dipastikan tidak terdaftar sebagai atlet golf PON XXI

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024