untuk mengevaluasi kemampuan literasi dan numerasi serta pemahaman peserta terhadap lingkungan belajar
Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) melakukan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk tahun 2024 guna mengevaluasi kemampuan para siswa di MTs Negeri 2 Bolmong, Kabupaten Bolaang Mongondouw, Sulawesi Utara (Sulut).

"Kegiatan ini diikuti oleh 47 peserta yang terpilih secara acak dari kelas VIII dan dibagi menjadi tiga sesi, yaitu sesi pertama diikuti oleh 15 peserta, sesi kedua diikuti oleh 15 peserta dan sesi ketiga diikuti oleh 15 peserta, sedangkan dua peserta sebagai cadangan," kata Kepala MTs Negeri 2 Bolmong Siti Nurhidayah, di Bolmong, Selasa.

Dia mengatakan ANBK dilaksanakan ruang Wakamad MTs Negeri 2 Bolmong dan berlangsung selama dua hari, yaitu dari tanggal 9 dan 10 September 2024.

Asesmen hari pertama,  peserta mengikuti ujian mata pelajaran literasi dan survei karakter. Sementara pada hari kedua, ujian akan dilanjutkan dengan mata pelajaran numerasi serta survei lingkungan belajar.

"Pembagian materi ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan literasi dan numerasi serta pemahaman peserta terhadap lingkungan belajar mereka," katanya.

Baca juga: Pemkot Pekalongan sosialisasi pelaksanaan ANBK 2024
Baca juga: Dinas Pendidikan: SMA di Kabupaten Nduga lakukan ANBK secara mandiri


Dia mengingatkan semua pihak yang terlibat, termasuk proktor, teknisi, dan pengawas, untuk melaksanakan tugas mereka dengan baik.

Ia juga berharap para peserta ANBK ini dapat mempersiapkan diri dan belajar sebaik mungkin agar nanti dapat menyelesaikan soal yang ada dengan sebaik-baiknya

Kegiatan ANBK ini merupakan bagian penting dari evaluasi pendidikan yang bertujuan untuk mengukur kompetensi dasar siswa serta kualitas lingkungan belajar.

Dengan pelaksanaan yang tertib dan optimal, diharapkan hasil asesmen ini dapat memberikan gambaran yang akurat mengenai pencapaian pendidikan khususnya di MTs Negeri 2 Bolmong.
 

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024