Jumlah pendaftar untuk formasi disabilitas satu orang dari total ada dua formasi
Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau mencatat ada satu orang penyandang disabilitas yang sudah mendaftar pada proses perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 untuk dua formasi yang disediakan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam Hasnah di Batam Selasa mengatakan, dua formasi untuk disabilitas tersebut di Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM), dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

"Jumlah pendaftar untuk formasi disabilitas satu orang dari total ada dua formasi," kata Hasnah.

Ia menjelaskan, kebijakan seleksi CPNS untuk tahun anggaran 2024 terdapat penekanan khusus pada formasi untuk penyandang disabilitas dan lulusan cumlaude.

Dalam keputusan Menteri PAN-RB Nomor: 320 Tahun 2024 terdapat formasi khusus untuk penyandang disabilitas, dengan alokasi dua posisi di Kota Batam.

Sementara untuk lulusan cumlaude, Pemkot Batam menetapkan empat formasi khusus.

"Formasi ini terdiri atas satu formasi di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia -BKPSDM-, satu formasi di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah -BPKAD-, satu formasi di Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan Daerah -Bapelitbang-, dan satu formasi di Badan Pendapatan Daerah -Bapenda-," ujarnya.

Hasnah juga memastikan transparansi dalam proses seleksi dengan mengupdate informasi melalui saluran digital, termasuk situs web resmi, Instagram, dan TikTok.

"Pengumuman terkait seleksi, perubahan jadwal pendaftaran, dan informasi mengenai penggunaan materai elektronik akan disampaikan secara digital," katanya.

Hingga saat ini, BKPSDM Kota Batam mencatat telah ada 2.795 pendaftar CPNS di Kota Batam.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024