Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Nexticorn Foundation akan menggelar NextHub Global Summit untuk mendukung pengembangan ekosistem perusahaan rintisan atau start-up.

Dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyampaikan bahwa NextHub Global Summit akan dilaksanakan di Nusa Dua, Bali, dari 23 sampai 25 September 2024.

Ia menyampaikan bahwa NextHub Global Summit akan menjadi ajang pertemuan penting bagi 140 perusahaan rintisan tahap awal hingga tahap lanjutan.

Menurut dia, acara itu akan dihadiri oleh perwakilan 120 pemodal dari berbagai wilayah, termasuk Asia, Amerika, dan Eropa, serta lebih dari 20 perusahaan global.

"Saya rasa tidak berlebihan, jika saya menyatakan bahwa agenda ini akan menjadi the biggest start-up matchmaking event in the region dengan misi untuk membangun ekosistem start-up nasional yang agile, resillient, berdaulat, dan berkelanjutan," katanya.

Baca juga: Kemenkominfo fasilitasi start-up Indonesia dapat investasi senilai Rp2,6 triliun

Kementerian Komunikasi dan Informatika juga bekerja sama dengan Techsauce Media untuk menggelar konferensi global tentang peluang dan tantangan pengembangan perusahaan rintisan di Asia Tenggara.

Sementara itu, Pemimpin Nexticorn Foundation Rudiantara mengemukakan pentingnya inisiatif untuk mendukung perusahaan rintisan tahan awal hingga menengah serta memperkuat ekosistemnya.

"Saya juga mengucapkan selamat kepada teman-teman Kominfo yang sangat fokus mengembangkan ekosistem start-up, terutama di early stage. Yang masih ingat dulu ada yang bilang seribu start-up, sekarang jumlahnya semakin banyak, bahkan masuk ke later stage dari seribu start-up," kata Rudiantara.

Baca juga: Ragam upaya Kemenkominfo percepat pertumbuhan UMKM Digital dan start-up

Baca juga: Kemenkop UKM fasilitasi start-up lokal jalin kemitraan lewat Inari Expo

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024