Medan (ANTARA) - Tim binaraga Jawa Barat menerjunkan sembilan atlet dan hampir seluruhnya merupakan binaragawan muda yang baru bertanding dalam ajang multi cabang Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Anak-anak baru semua, baru PON sekarang nih. Soalnya yang lainnya udah pada pensiun," ujar Pelatih Binaraga Jabar Edeng Sambas di Medan, Selasa.

Edeng mengatakan Jawa Barat datang dengan target dua keping emas di cabang Binaraga. Target itu berkaca pada atlet yang baru pertama kali terjun di PON.

Akan tetapi, kata dia, para atlet memiliki target masing-masing dalam cabang olahraga ini. Sehingga diharapkan dapat membawa medali sebanyak-banyaknya.

"Jadi pasti mereka saling berpacu dan pasti persiapannya sudah matang semua," kata dia.

Ia juga memastikan bahwa anak-anak asuhnya terbebas dari obat terlarang (doping). Pelatih dan ofisial selalu mengontrol dengan ketat asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Disinggung mengenai kekuatan para atlet di binaraga, ia menyebut bahwa semua provinsi memiliki kekuatan yang merata. Apalagi persiapan telah dilakukan setahun lamanya.

"Kalau kekuatan dari yang lain sebenarnya merata. Hampir satu tahun itu persiapan yang dilakukan para atlet," kata dia.

Cabang olahraga binaraga resmi dipertandingkan mulai hari ini. Ada 11 keping medali yang akan diperebutkan oleh diikuti 74 atlet dari berbagai provinsi.

Pada hari pertama, tiga medali emas akan diperebutkan di kategori Putra Sport Physique - Over 170 Cm - 100 Cm + 2 Kg Berat Badan, Putra Athletic Physique - Up to include 175 Cm - 100 Cm + 6 Kg Berat Badan, dan Putra Sport Physique - Up to 170 Cm - 100 Cm - 2 Kg Berat Badan.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024