Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto saat menerima kunjungan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Sergei Gennadievich Tolchenov di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, menyampaikan harapannya kehadiran dubes yang baru menjabat itu dapat meningkatkan kerja sama RI dan Rusia.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, Selasa, menjelaskan bahwa Dubes Tolchenov menemui Menhan Prabowo di ruang kerjanya, Kantor Kemhan RI, Senin (9/9).

Pertemuan itu, sebagaimana disampaikan Kepala Biro Humas Setjen Kemhan, menjadi cerminan kuatnya hubungan Indonesia dan Rusia, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan keamanan dan memelihara stabilitas global.

"Saya berharap kita dapat memperdalam kerja sama bidang pertahanan. Bersama-sama, kita dapat mengatasi tantangan keamanan bersama, dan berkontribusi pada perdamaian dan kesejahteraan global," kata Menhan Prabowo kepada Dubes Rusia sebagaimana dikutip dari siaran resmi Kemhan RI.

Dalam kesempatan itu, Menhan Prabowo juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan Dubes Tolchenov.

Baca juga: Menhan Prabowo dukung niat Rusia buka Konjen di Bali
Baca juga: Putin bahas perjanjian zona perdagangan bebas saat bertemu Prabowo


Dubes Tolchenov resmi mengemban tugas baru sebagai perwakilan Rusia untuk Indonesia menggantikan Dubes Lyudmila Vorobieva yang pada bulan November 2023 juga sempat berpamitan kepada jajaran pejabat Kemhan RI sebelum kembali ke negaranya.

Menhan Prabowo dalam rangkaian lawatan luar negerinya ke beberapa negara Eropa di akhir Juli 2024 juga menyambangi Moskow dan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kepresidenan Kremlin.

Dalam pertemuan itu, Prabowo dan Putin membahas sejumlah isu strategis, di antaranya terkait dengan perjanjian zona perdagangan bebas antara Uni Ekonomi Eurasia dan Indonesia, kerja sama investasi dan pertahanan.

Prabowo dalam pertemuannya dengan Putin juga mendukung rencana Rusia membuka Kantor Konsulat Jenderal di Bali.

Indonesia dan Rusia pada tahun ini memperingati 75 tahun hubungan diplomatiknya. Dua negara menjalin kerja sama di berbagai bidang, terutama pertahanan, salah satunya latihan bersama antara TNI AL dan angkatan laut Rusia di Surabaya, Jawa Timur, yang dijadwalkan berlangsung untuk kali pertama pada bulan November 2024.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024