Toboali, Bangka Selatan (ANTARA) - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin menyerahkan 100 sertifikat ke para juru sembelih halal (juleha) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dalam rangka memberikan jaminan pada masyarakat bahwa daging dijual di pasar halal.

"Pemberian sertifikat ke para juleha ini akan terus berlanjut untuk menjamin kehalalan daging yang dijual di pasar ini," kata Ma'ruf Amin saat meresmikan Pasar Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Selasa.

Ia mengatakan pemberian 100 sertifikat halal di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini, agar tidak ada lagi masalah dalam penyediaan daging-daging yang dijual di pasar moderen dan tradisional di Negeri Serumpun Sebalai ini.

"Saya kira ini penting dan ini akan diterapkan ke seluruh pasar di Indonesia, khususnya Kepulauan Babel," ujarnya.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin resmikan jalan di Bangka Selatan

Menurut dia, juleha bersertifikat halal ini sebagai langkah pemerintah dalam memberikan jaminan ke masyarakat, bahwa daging-daging yang dijual di pasar-pasar itu halal.

"Dimana ada pasar maka akan ada juleha, agar tidak ada lagi keraguan masyarakat untuk membeli daging sapi, kambing, ayam dan lainnya," katanya.

Ia berharap peresmian Pasar Toboali ini sebagai langkah pemerintah dalam memberdayakan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bangka Selatan.

"Saya berharap para pedagang menjaga kebersihan pasar ini, agar para pengunjung nyaman dalam membeli berbagai kebutuhan sehari-harinya," katanya.

Baca juga: Wapres pesan ke pemda agar pelihara pasar dan jalan daerah

Pewarta: Aprionis
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024