Toboali, Bangka Selatan (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan Inpres jalan daerah di Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebagai komitmen pemerintah dalam meningkatkan konektivitas antar-wilayah.

"Ini komitmen pemerintah melakukan pembangunan tidak hanya untuk orang-orang kaya tetapi juga untuk masyarakat jelata," kata Ma'ruf Amin di Toboali, Selasa.

Ia mengatakan pembangunan Inpres Daerah yang menghubungkan Toboali - Rias - Serdang dan Desa Bikang Kabupaten Bangka Selatan, untuk menghubungkan berbagai wilayah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini.

"Dengan adanya inpres jalan daerah ini tidak hanya meningkatkan konektivitas, tetapi juga memperlancar pendistribusian arus barang dan jasa serta hasil pertanian masyarakat di daerah ini," katanya.

Baca juga: Wapres pesan ke pemda agar pelihara pasar dan jalan daerah

Ia menyatakan pada 2023 pemerintah telah mengalokasikan Rp14,6 triliun dan 2024 sebesar Rp15 triliun untuk perbaikan jalan-jalan daerah di Indonesia.

"Pemerintah tidak hanya membangun jalan-jalan tol dan mall saja, tetapi justeru yang menjadi perhatian pemerintah adalah pasar-pasar rakyat dan jalan-jalan lingkungan," katanya.

Menurut dia, dengan adanya jalan-jalan daerah ini diharapkan sentra-sentra ekonomi semakin terus meningkat dan biaya pendistribusian logistik dapat dikurangi, sehingga turut mendukung pemerataan kesejahteraan masyarakat.

"Saya berharap pemerintah daerah dan masyarakat menjaga jalan ini, agar jalan-jalan lingkungan ini bisa bertahan lama untuk meningkatkan pemerataan perekonomian masyarakat," katanya.

Baca juga: Warga Toboali antusias sambut kunker Wapres Ma'ruf Amin

Pewarta: Aprionis
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024