ini sejalan dengan visi Adira Finance yaitu menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan
Jakarta (ANTARA) - PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) bersama PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon), sebagai induk perusahaan, menyelenggarakan Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024 mulai September hingga Desember mendatang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

“FPR 2024 merupakan inisiatif Adira Finance dalam rangka HUT ke-34, bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat dan mitra strategis yang bertujuan mendukung keberlanjutan pasar tradisional,” ucap Head of Regional SSD Jabodetabek Adira Finance Handi dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ia menuturkan bahwa festival tersebut diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan pemberdayaan, edukasi, kesehatan, kesenian dan budaya untuk menciptakan pasar rakyat yang berdaya saing dan Sehat-Hijau-Bersih- Terawat (SEJAHTERA).

“Hal ini sejalan dengan visi Adira Finance yaitu menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan,” ujarnya.

Senada dengan Handi, Head of Syariah Funding Business Unit Usaha Syariah PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon Syariah) Merci Santi Adriani menyatakan bahwa pihaknya turut hadir dalam kegiatan tersebut untuk mendukung pertumbuhan usaha para pedagang.

Baca juga: Pembiayaan Adira Finance semester I turun imbas lesunya pasar otomotif

Baca juga: Danamon beri solusi finansial komprehensif di Danamon Expo 2024


Selain itu, pihaknya juga berupaya meningkatkan literasi keuangan masyarakat serta memberikan jasa layanan perbankan syariah secara berkesinambungan sesuai kebutuhan nasabah dari berbagai kalangan.

“Pada kesempatan ini, kami melakukan edukasi dan literasi (keuangan untuk mendukung ibadah) haji kepada para pedagang pasar. Salah satunya memperkenalkan produk Tabungan Rencana Haji,” katanya.

Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024 diselenggarakan di lima pasar, yaitu Pasar Rangkasbitung, Lebak, Banten; Pasar Pahing, Kediri, Jawa Timur; Pasar Legi, Solo, Jawa Tengah; Pasar Kosambi, Bandung, Jawa Barat; dan Pasar Ngasem, Yogyakarta.

Rangkaian FPR 2024 dibuka di Pasar Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, pada 7-8 September 2024. Selain kegiatan edukasi keuangan dan digitalisasi pasar, FPR 2024 juga menyediakan Asistensi Sertifikasi Halal untuk 34 pedagang Pasar Rangkasbitung.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak Yani mengatakan bahwa pasar tersebut dipilih sebagai lokasi perdana untuk FPR 2024 karena potensinya yang besar sebagai pusat kegiatan ekonomi, sosial dan budaya di Kabupaten Lebak.

Berdasarkan data Disperindag April 2024, terdapat sekitar 2.300 pedagang di Pasar Rangkasbitung.

Namun, ia menuturkan bahwa masih banyak kios yang kosong dikarenakan sejumlah pedagang lebih memilih berjualan di luar area pasar atau dari rumah, dengan alasan pengunjung lebih banyak membeli di lokasi tersebut.

Kondisi pasar yang masih kurang memadai dari segi fasilitas juga menjadi tantangan tersendiri dalam menjaga kenyamanan dan daya tarik bagi pengunjung.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak Orok Sukmana pun mengapresiasi penyelenggaraan FPR 2024 di pasar tersebut.

“Kegiatan ini menjadi salah satu contoh nyata bagaimana sektor swasta dan pemerintah dapat bersinergi dalam mendukung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan di daerah, khususnya pasar rakyat,” imbuhnya.

Baca juga: Adira raih 1.500 lebih transaksi SPK hingga minggu ketiga Jakarta Fair

Baca juga: Adira beri promo pinjaman dana hingga pembiayaan umrah di Jakarta Fair


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024