Washington (ANTARA) - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin, pada Senin (9/9) menegaskan kembali komitmen negaranya untuk memperkuat hubungan dengan Vietnam.

Austin dan Menteri Pertahanan Nasional Vietnam, Phan Van Giang, mengadakan pertemuan di Pentagon yang bertepatan dengan peringatan satu tahun peningkatan hubungan AS-Vietnam menjadi kemitraan strategis komprehensif.

"Sudah hampir satu tahun sejak kunjungan bersejarah Presiden (Joe) Biden ke Vietnam, ketika para pemimpin kami meningkatkan hubungan AS-Vietnam menjadi kemitraan strategis komprehensif," kata Austin.

"Kami akan melanjutkan momentum itu dengan menandatangani pernyataan visi bersama baru yang memetakan bagaimana kedua negara akan memperdalam kerja sama pertahanan di tahun-tahun mendatang," tambahnya.

Mereka membahas peluang untuk memperdalam kerja sama pertahanan, termasuk perdagangan di bidang pertahanan, ketahanan berbasis industri, dan berbagi informasi.

Para pejabat menandatangani Pernyataan Visi Bersama yang Diperbarui tentang Hubungan Pertahanan Amerika Serikat - Vietnam untuk merumuskan peta jalan masa depan kemitraan pertahanan.

Sumber : Anadolu-OANA

Baca juga: Vietnam bersiap terima gelombang investasi Amerika Serikat
Baca juga: Langkah penyeimbang Vietnam di antara kompetisi AS dan China


Penerjemah: Primayanti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024