Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo terlihat hadir dalam upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 TNI AL yang digelar di Geladak Heli KRI dr. Radjiman Widyodiningrat-992 yang sedang berlayar ke Teluk Jakarta, Selasa.

Pantauan ANTARA di atas KRI, Agus Subianto terlihat didampingi oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Sedangkan Listyo hadir tanpa didampingi para pejabat tinggi Polri.

Baca juga: KSAL ungkap puncak HUT Ke-79 TNI AL diperingati di atas kapal perang

Dalam perayaan HUT TNI AL ini, para pejabat TNI dan Polri itu nantinya disuguhkan beragam atraksi oleh satuan TNI AL.

Atraksi yang ditampilkan berupa simulasi operasi militer seperti atraksi udara dari Tim Rajawali Laut Flight (RaLF) Puspenerbal, simulasi pembebasan sandera dari gabungan pasukan khusus TNI AL yaitu Denjaka, Kopaska dan Taifib, serta Flying Pass dari unsur kapal perang, Helikopter dan Pesawat Udara milik TNI AL.

Tidak hanya itu, sebanyak 33 KRI juga dikerahkan TNI AL untuk melaksanakan "Sailling Pass" atau parade kapal.

Beberapa kapal yang akan terlibat, yakni kapal perang tipe Multi Role Light Frigate (MLRF), PKR, SIGMA, Kapal Layar Legendaris KRI Dewa Ruci, Combat Boat, KRI kelas Landing Platform Dock (LPD), 26 Pesud dari Pusat Penerbangan TNI AL, hingga alutsista strategis kekuatan bawah air Kapal Selam TNI AL.

Selain alutsista milik TNI AL, kegiatan Sailing Pass juga akan diikuti oleh kapal-kapal dari Polairud, KKP, Bea Cukai, Bakamla, Basamas, KPLP dan Kapal Ikan Indonesia (KII).

Setelah serangkaian acara perayaan selesai, kegiatan HUT TNI AL ditutup dengan pemberian penghargaan terhadap KRI dan satuan teladan, Bama dan Tamtama Teladan, pasukan yang memiliki prestasi Olahraga Internasional dan Lanal berprestasi.

Baca juga: Rayakan HUT-79, TNI AL gelar simulasi operasi militer di teluk Jakarta
Baca juga: HUT Ke-79, TNI AL buka pangkalannya kenalkan alutsista ke masyarakat
Baca juga: Lantamal VIII "open ship" sejumlah KRI sambut HUT ke-79 TNI AL

Pewarta: Walda Marison
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024