Saat pencoblosan itu terjadi perbedaan pilihan, namun tidak boleh sampai merusak kerukunan. Kita tetap harus merawat kesatuan persatuan
Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menyiapkan sebanyak 87.538 personel gabungan untuk  mengawal pengamanan pilkada serentak melalui Operasi Mantap Praja Jaya 2024.
 
"Jumlah personel yang kita libatkan sebanyak 87.538 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Bawaslu DKI tunggu KPU terkait penetapan sanksi kampanye Pilkada
 
Ade Ary mengatakan personel gabungan itu terdiri atas TNI, Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres serta lintas sektoral seperti Pemprov DKI, KPU daerah dan Bawaslu setempat.
 
Kemudian, personel gabungan itu terbagi menjadi tiga Satuan Tugas Wilayah (Satgaswil) yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.
 
Adapun tujuh peran Satgaswil yakni preemtif untuk deteksi dini dan pencegahan, preventif untuk penjagaan, dan penegakan hukum (Gakkum) untuk melakukan penyelidikan perkara Pilkada.

Baca juga: Bawaslu DKI sarankan KPU memutakhirkan data pemilih jelang Pilkada
 
Kemudian, Satgas Penindakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, dan Satgas keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcarlantas) agar lalu lintas aman dan tertib.
 
Satgas Humas memberikan imbauan, edukasi dan informasi terkait kerja sama yang dilakukan, dan Satgas Bantuan Operasi pengamanan internal untuk dukungan kesehatan personel dan masyarakat.
 
Diharapkan setiap personel yang dikerahkan dapat saling bahu membahu demi terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat.

Baca juga: KPU DKI tegaskan parpol tak bisa tarik dukungan usai daftarkan paslon
 
"Saat pencoblosan itu terjadi perbedaan pilihan, namun tidak boleh sampai merusak kerukunan. Kita tetap harus merawat kesatuan persatuan," tegasnya.
 
Operasi Mantap Praja Jaya 2024 dilaksanakan selama 140 hari yakni terhitung mulai 14 Agustus sampai 31 Desember 2024.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024