Pemerintah daerah agar memaksimalkan pemanfaatan infrastruktur ini untuk mendorong pengembangan usaha kecil hingga ke pelosok-pelosok
Bangka Selatan, Babel (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berpesan kepada pemerintah daerah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung, untuk memelihara pasar dan jalan daerah yang sudah dibangun pemerintah pusat.

Wapres menyampaikan hal tersebut pada peresmian revitalisasi Pasar Toboali dan pelaksanaan proyek Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di Provinsi Bangka Belitung yang dilakukan oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR).

"Pemerintah daerah agar memaksimalkan pemanfaatan infrastruktur ini untuk mendorong pengembangan usaha kecil hingga ke pelosok-pelosok. Kedua, pengelolaan dan pemeliharaan pasar dan jalan daerah harus dilakukan secara optimal. Pak Bupati, Wakil Bupati, ini supaya diperhatikan," kata Wapres saat memberi sambutan pada peresmian Revitalisasi Pasar Toboali di Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Belitung, Selasa.

Dalam sambutannya, Wapres menekankan keberadaan Pasar Toboali dan proyek Inpres Jalan Daerah harus memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat.

"Pastikan seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati manfaat revitalisasi pasar dan jalan daerah yang dibangun," katanya.

Wapres juga menyoroti perubahan kondisi Pasar Toboali yang sebelumnya kumuh dan hanya menampung 48 pedagang. Namun, setelah direnovasi, pasar yang dibangun dengan dua lantai itu kini dapat menampung hingga 68 pedagang.

Oleh karenanya, Wapres meminta seluruh pihak dapat menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan pasar, sehingga menjadi daya tarik bagi pembeli, dan turut meningkatkan kesejahteraan para pedagang.

"Pasar itu biasanya banyak sampah, nah itu harus diperhatikan jangan sampai kotor, jangan sampai tidak bersih dan tidak nyaman," katanya.

Wapres menambahkan bahwa selain pasar, ruas jalan daerah yang telah dibangun dapat dipelihara dengan baik, sehingga dapat bertahan lama dan mendukung aktivitas ekonomi sosial di lingkungan pasar.

Adapun selama enam tahun terakhir, pemerintah telah membangun dan merenovasi 62 pasar rakyat di 53 kabupaten/kota yang tersebar di 21 provinsi. Hal itu menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung kemajuan ekonomi daerah.

Kemudian, melalui Inpres Nomor 3 Tahun 2023, pemerintah mengalokasikan Rp14,6 triliun pada 2023 dan Rp15 triliun pada 2024 untuk perbaikan jalan daerah.

Alokasi itu juga termasuk pembangunan jalan daerah Provinsi Bangka Belitung sebesar Rp301,3 miliar yang mencakup 82 kilometer ruas jalan di 5 kabupaten.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin resmikan pasar rakyat termegah di Babel
Baca juga: Warga Toboali antusias sambut kunker Wapres Ma'ruf Amin
Baca juga: Wapres berdialog dengan pedagang usai Pasar Tanjungpinang diresmikan

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024