KPKP DKI telah merealisasikan hingga 54 persen dari target
Jakarta (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI mengejar target vaksinasi rabies dengan menjangkau 46.267 ekor hewan penular rabies (HPR) pada 2024 demi mewujudkan Jakarta yang bebas dari rabies.
 
"Kami menargetkan 46.267 ekor HPR," kata Kepala Dinas KPKP DKI, Suharini Eliawati saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa.

Baca juga: Jakbar lampaui target vaksinasi rabies tahun 2023
 
Eli mengatakan hingga Agustus 2024, KPKP DKI telah merealisasikan hingga 54 persen dari target.
 
Dia mengaku optimistis untuk bisa mengejar target tersebut lantaran telah bekerja sama dengan sejumlah komunitas pecinta hewan seperti Animal Defender dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).
 
"Salah satu kegiatannya saat tanggal 17 Agustus kemarin, kami bersama komunitas memberikan pengobatan sekaligus vaksinasi rabies," ujarnya.

Baca juga: Pemprov DKI siapkan strategi jangkau seluruh hewan penular rabies
 
Sementara, Kepala Satuan Pelaksana Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kecamatan Tebet, Ihsan mengatakan layanan jemput bola vaksinasi rabies diadakan di lima lokasi Sekretariat RW 01, RW 02, RW 03, RW 05, dan halaman Kantor Kelurahan Tebet Barat.
 
"Sebanyak 191 HPR berhasil divaksin dalam layanan jemput bola yang diadakan mulai 27 Agustus 2024 hingga 4 September kemarin," ujar Ihsan.
 
Ia merinci, HPR yang divaksin terdiri atas 167 ekor kucing, 23 anjing, dan satu ekor kera.
 
Semua HPR yang divaksin tersebut sudah dipastikan sesuai ketentuan seperti memiliki kondisi sehat, berusia minimal lima bulan, serta tidak sedang hamil atau menyusui.

Baca juga: DKI Jakarta tetap bebas rabies meski ada kenaikan kasus gigitan hewan
 
Ia berharap kegiatan vaksinasi rabies yang digelar rutin dan gratis ini dapat terus mempertahankan predikat Jakarta Bebas Rabies.
 
"Bagi warga yang ika ingin mengetahui jadwal vaksinasi rabies dan lokasinya, bisa melihat Instagram Sudin KPKP Jakarta Selatan. Datang dan vaksinasi hewannya agar hewan dan pemilik tetap sehat," tambahnya.
 
Salah seorang warga RW 01 Kelurahan Tebet Barat, Dian (26) mengaku senang karena bisa mendapatkan vaksinasi rabies gratis untuk dua kucingnya.

Baca juga: Kematian 21 kucing di Jakarta Utara dipastikan bukan akibat rabies
 
"Saya tahu ada layanan jemput bola ini dari Instagram Sudin KPKP Jakarta Selatan. Senang, vaksinasi ini penting untuk kesehatan peliharaan kami," kata Dian.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024