Jika dunia perbankan tidak melirik kepada pelaku UMKM, bisa dipastikan kelancaran usaha mereka akan terkendala
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersama 24 bank lainnya dinobatkan sebagai bank dengan kinerja terbaik dalam menyalurkan kredit bagi UMKM dalam sebuah ajang penghargaan yang diselenggarakan di Jakarta, Senin (9/9/2024) malam.

"Dengan pemberian award ini, ke depannya BCA bisa lebih berkontribusi lagi bagi pengembangan UMKM di Indonesia," kata Senior Vice Presiden BCA Tjoeng Haryanto dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Ia menyatakan bahwa pihaknya menyediakan modal inti lebih dari Rp70 triliun bagi pengembangan UMKM dan berupaya agar penyaluran kredit bagi tersebut tersebar merata dan tidak hanya terfokus di wilayah Jawa, tapi juga hingga ke pelosok tanah air.

"Para pelaku UMKM yang memiliki usaha dengan skala rumah tangga, setelah mendapat kredit pinjaman UMKM, kami melihat mereka usaha mereka jadi lebih besar. Sebagian pelaku UMKM bahkan mulai bisa mengekspor produknya ke luar negeri untuk memperluas pasar," ucapnya.

Tjoeng mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam menumbuhkan jumlah pelaku UMKM di Indonesia.

Ia menuturkan bahwa saat ini kontribusi rasio pembiayaan inklusif makroprudensial (RPIM) baru mencapai 22 persen. Ke depannya, pihaknya akan terus mendorong pertumbuhan rasio tersebut.

Tidak hanya bank swasta seperti BCA, sejumlah bank pemerintah juga meraih penghargaan dalam ajang Best Bank Performance of MSMEs Loans Award 2024 yang digelar oleh Majalah Peluang tersebut.

Sejumlah bank pemerintah tersebut termasuk BRI, BSI, Bank Mandiri, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Timur, Bank Nagari, dan BPD Bali.

Pemimpin Redaksi Majalah Peluang Irsyad Muchtar menyampaikan bahwa event tersebut digelar agar bank-bank terus tergerak untuk mengalokasikan pinjaman kepada para pelaku UMKM.

"Sekitar 96 persen roda perekonomian di tanah air digerakkan oleh pelaku UMKM, jika dunia perbankan tidak melirik kepada pelaku UMKM, bisa dipastikan kelancaran usaha mereka akan terkendala," ujarnya.

Baca juga: Sambut Hari Pelanggan Nasional, Direksi BCA Syariah layani nasabah
Baca juga: BCA tiket.com Travel Fair 2024 berikan promosi perjalanan menarik
Baca juga: BCA Expo kembali hadir tahun ini bertepatan dengan momen HUT Ke-79 RI

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024