Kopi Lembur bukan sekadar minuman, tapi juga representasi dari semangat pantang menyerah masyarakat kami
Jakarta (ANTARA) - Dukungan modal usaha dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI turut membantu memajukan usaha perajin kopi yang dinamakan Kedai Kopi Lembur oleh Farhan Fauzan (44), perajin asal Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Melalui keterangannya di Jakarta Selasa, Farhan mengaku dukungan dari Baznas tidak hanya membantu memajukan usahanya hingga menghasilkan produk berkualitas yang mampu menembus pasar mancanegara, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar.

"Dulu, kami hanya perajin kopi biasa. Tapi sekarang, kami sudah punya produk kopi sendiri yang berkualitas dan diminati banyak orang hingga ke luar negeri," kata Farhan.

Farhan mengaku pada awalnya mengolah biji kopi untuk konsumsi pribadi, namun kini usahanya mampu menghasilkan berbagai jenis kopi, di mana biji kopi tumbuh subur di wilayah pegunungan Kabupaten Bandung.

"Kopi Lembur bukan sekadar minuman, tapi juga representasi dari semangat pantang menyerah masyarakat kami," ujarnya.

Terkait dengan hal tersebut, Pimpinan Baznas RI Bidang Pengumpulan sekaligus Pembina Wilayah Baznas se-Provinsi Jawa Barat Rizaludin Kurniawan mengatakan, program pemberdayaan UMKM ini sangat penting untuk menjaga keberlanjutan ekonomi di kalangan masyarakat kurang mampu.

"Kami sangat mengapresiasi program pemberdayaan UMKM yang berjalan dengan baik di Kabupaten Bandung ini. Bukan hanya soal ekonomi, tapi juga tentang pemberdayaan masyarakat, bagaimana mentransformasikan mustahik menjadi muzaki di kemudian hari," ujarnya.

Kemudian, Ketua Baznas Kabupaten Bandung Yusuf Ali Tantowi mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan program pemberdayaan UMKM para perajin kopi ini.

"Kami berharap Kedai Kopi Lembur ini bisa menjadi inspirasi bagi komunitas lain di Kabupaten Bandung," ujarnya.

Menurut Yusuf, Kedai Kopi Lembur telah membuktikan bahwa dengan kerja keras, semangat gotong royong, dan dukungan yang tepat, masyarakat dapat keluar dari keterbatasan dan meraih kesuksesan.

"Keberhasilan Kedai Kopi Lembur ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat lainnya untuk terus berinovasi dan mengembangkan potensi yang ada," katanya.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024