Jakarta (ANTARA) - Pada Senin, sejumlah berita humaniora yang banyak mendapat perhatian pembaca dan masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari Festival Budaya Panji 2024 hingga Pilkada bebas diskriminasi terhadap perempuan.

Adapula warta tentang target penambahan alat deteksi kanker serta berita soal delegasi Malaysia ikut serta dalam MTQ ke-30 di Samarinda, Kalimantan Timur.

Berita-berita tersebut dapat disimak dalam ringkasan berikut.

1. Festival Budaya Panji sebagai pelestarian Memory of The World

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek menyelenggarakan Festival Budaya Panji 2024 guna memperkuat pelestarian warisan budaya Panji sebagai salah satu bentuk ekspresi seni yang diakui oleh dunia.

Dalam rilis yang disiarkan oleh pihaknya di Jakarta pada Senin, kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 22 hingga 24 Oktober 2024 di Gedung Kesenian Jakarta dengan mengusung tema “Cerita Panji dalam Keragaman Budaya Nusantara”.

2. Kemendikbud siap beri sanksi sesuai investigasi pada kasus FK Undip

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Kemendikbudristek menegaskan siap memberikan sanksi sesuai hasil investigasi terhadap kasus kekerasan yang terjadi di lingkungan Fakultas kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip).

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Abdul Haris mengatakan pihaknya telah mengambil sejumlah langkah guna menyelesaikan kasus ini secara menyeluruh. Pertama, Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek sedang melakukan investigasi dan siap memberikan sanksi sesuai dengan hasil investigasi yang tengah berjalan.

3. Delegasi Malaysia Ikut berpartisipasi pada pameran MTQN ke-30

Delegasi Malaysia yang diwakili Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM) ikut berpartisipasi pada Expo (Pameran) Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-30 yang digelar di Kota Samarinda,Kalimantan Timur.

Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni di Samarinda, Senin, mengatakan selain diikuti oleh peserta dari dalam negeri, pameran yang meliputi seni antar bangsa, halal food, dan kaligrafi internasional ini juga dihadiri oleh delegasi dari negara serumpun salah satunya adalah Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM).

4. KPPPA: Pilkada Serentak 2024 harus bebas diskriminasi bagi perempuan

Plt Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Titi Eko Rahayu menyampaikan pentingnya penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 yang bebas dari diskriminasi bagi perempuan.

"Kita harus memastikan bahwa Pilkada Serentak tahun ini bebas dari diskriminasi bagi perempuan, baik peserta maupun pemilih," kata Titi Eko Rahayu dalam media talk, di Jakarta, Senin.

5. Kemenkes targetkan penambahan alat deteksi kanker di 16 RS tuntas 2027

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan penambahan alat deteksi kanker atau Positron Emission Tomography (PET) Scan di 16 rumah sakit (RS) milik pemerintah tuntas pada tahun 2027.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan alat pendeteksi kanker secara dini tersebut akan disebar di RS Kemenkes yang mencakup seluruh pulau di Indonesia, sehingga masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan diagnosis penyakit kanker.

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024