Bagi yang ingin mengetahui cuaca secara khusus yang diperbaharui setiap tiga jam dapat memantau di aplikasi BMKG
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca secara umum di wilayah Indonesia berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada Selasa.

"Di wilayah Jawa, untuk Serang, Jakarta, Semarang, dan Surabaya hujan ringan. Bandung hujan disertai kilat, dan Yogyakarta berawan," kata Prakirawan BMKG Pramudhian dalam siaran prakiraan cuaca, di Jakarta.

Dia menjelaskan, adapun di wilayah Sumatera, hujan ringan diprakirakan terjadi di Medan, Padang, Tanjung Pinang, dan Palembang.

Hujan lebat disertai kilat berpotensi terjadi di Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, dan Lampung. Adapun Aceh bakal diselimuti cuaca berawan tebal.

"Di wilayah Denpasar hujan ringan. Mataram dan Kupang diprakirakan berawan," katanya.

Selanjutnya, kata Pramudhian , di wilayah Kalimantan hujan dengan intensitas lebat disertai kilat berpotensi terjadi di Tanjung Selor dan Samarinda. Palangkaraya berpotensi hujan ringan, Pontianak dan Banjarmasin berawan.

Berpindah ke wilayah Sulawesi, Kota Mamuju, dan Palu berpotensi hujan ringan. Adapun Gorontalo, Manado, Makassar, dan Kendari berawan tebal.

Berikutnya di wilayah Indonesia Timur, katanya, yakni di Sorong, Nabire, Manokwari, Jayapura, Jayawijaya, dan Ternate pada umumnya berpotensi hujan ringan hingga sedang. Sementara Ambon dan Merauke berpotensi berawan.

"Bagi yang ingin mengetahui cuaca secara khusus yang diperbaharui setiap tiga jam dapat memantau di aplikasi BMKG," katanya.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024