Penerbitan buku ini diharapkan menjadi tonggak penting dalam perjalanan UPH sebagai universitas, sekaligus berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa
Tangerang (ANTARA) - Universitas Pelita Harapan (UPH) melalui UPH Press menerbitkan buku yang memuat orasi ilmiah dari 22 guru besar yang dikukuhkan pada periode 2019-2024, untuk merayakan tiga dekade perguruan tinggi tersebut.

Rektor Universitas Pelita Harapan Dr Jonathan L. Parapak di Tangerang Selasa mengatakan, buku berjudul "Merajut Visi, Prestasi, dan Inspirasi: Pemikiran Guru Besar UPH" ini merangkum 11 topik dari bidang Sains, Teknologi, dan Kedokteran, serta 11 topik dari bidang Sosial, Ekonomi, Hukum, dan Pariwisata.   

"Penerbitan buku ini diharapkan menjadi tonggak penting dalam perjalanan UPH sebagai universitas, sekaligus berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Dr Jonathan L. Parapak dalam keterangannya.

Ia menjelaskan, Universitas Pelita Harapan telah menghasilkan lebih dari 53.000 lulusan, dan menghasilkan lebih dari 35 guru besar di berbagai bidang keilmuan selama 30 tahun berdiri.

"Selama 30 tahun berdiri, Universitas Pelita Harapan telah menjadi pilar penting dalam dunia pendidikan di Indonesia. UPH telah berhasil mencetak lulusan yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang takut akan Tuhan, dan siap berkontribusi bagi masyarakat," katanya.

Saat ini UPH memiliki 13 fakultas dan 65 program studi, serta telah meraih akreditasi unggul secara institusi, meraih sertifikasi ISO 9001:2015 untuk simtem manajemen mutu dan ISO 21001:2018 untuk sistem manajemen organisasi pendidikan.

Kemudian UPH juga mendapatkan penghargaan dari Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LLDikti) Wilayah III sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) dengan prestasi nasional mahasiswa terbanyak tahun 2023, dan telah menjalin kemitraan dengan lebih dari 460 mitra dari dalam dan luar negeri.

"Selama tiga dekade, UPH telah berkomitmen untuk menyediakan pendidikan yang tidak hanya unggul secara akademis tetapi juga mendukung pembentukan karakter dan pertumbuhan spiritual mahasiswa. Kami berharap para mahasiswa UPH siap menjadi pemimpin yang unggul dan dapat berkontribusi bagi bangsa Indonesia," katanya.

Perayaan Dies Natalis ke-30 UPH juga menjadi momen istimewa untuk merayakan pencapaian selama tiga dekade, dan menegaskan kembali komitmen UPH terhadap pendidikan berkualitas serta pembentukan karakter.

"UPH berkomitmen menghadirkan pendidikan berkualitas unggul untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang takut akan Tuhan, kompeten, dan berdampak positif bagi masyarakat," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024