Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang Banten menargetkan pembiasaan program makan bergizi gratis (MBG) selama September 2024 menyasar 10.535 siswa di seluruh wilayah Kota Tangerang.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang Jamaluddin di Tangerang, Selasa mengatakan program pembiasaan ini dapat menjadi modal penting untuk menyambut program unggulan makan bergizi gratis dari pemerintah pusat pada tahun depan.  

"Jadi dari kegiatan setiap harinya di sekolah - sekolah, kita lakukan evaluasi sebelum pelaksanaan di tahun depan oleh pemerintah pusat," kata Jamaluddin.

Ia juga mengungkapkan, Pemkot Tangerang terus melakukan pengawasan lapangan secara intens sekaligus mengevaluasi pelaksanaan program pembiasaan untuk kesuksesan realisasi program makan bergizi gratis di Kota Tangerang.

"Mulai dari menu makanan hingga penyajian kita teliti semua dan evaluasi. Sehingga ketika pelaksanaan sudah sangat siap diterapkan," ujarnya.

Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) Parung Serab Ciledug yakni Taufik menuturkan program unggulan tersebut disambut secara suka cita oleh seluruh siswa dari kelas yang ada.

“Kami mewakili siswa di lingkungan sekolah ini sangat antusias menyambut jalannya program Makan Bergizi Gratis ini. Diselenggarakan secara dua sesi, kami berkomitmen menyukseskan program ini karena mempunyai manfaat yang sangat besar, terutama sebagai edukasi dan pertumbuhan anak-anak ke depannya,” katanya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan program Makanan Bergizi Gratis (MBG) akan dimulai secara penuh pada 2 Januari 2025 mendatang.

Pernyataan tersebut untuk menjawab permintaan orang tua murid yang ingin agar program MBG ini dilaksanakan setiap hari.
"Kami juga berharap program ini bisa terus berjalan dengan lancar, anak-anak merasa senang, dan tidak ada kendala dalam prosesnya," katanya.

Kota Tangerang bersama Kota Cilegon dipilih sebagai lokus untuk proyek percontohan uji coba Program MBG Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029.

Pada 1 Agustus 2024, Pemkot Tangerang bersama JW Movement menggelar simulasi uji coba kegiatan strategi dan mitigasi operasional Program MBG di lima sekolah dengan sasaran 3.125 siswa.

Lalu dilanjutkan uji coba pada 5 - 9 Agustus 2024 di 34 sekolah dengan sasaran 27.555 siswa. Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka telah melakukan pemantauan secara langsung pada 5 Agustus 2024 dan mengapresiasi kesiapan Pemkot Tangerang dalam menerapkan program makan bergizi gratis.

Kini, Pemerintah Kota Tangerang Banten mulai melaksanakan pembiasaan makan bergizi gratis (MBG) selama tiga bulan di 60 sekolah mulai 12 Agustus 2024 dengan penerapan satu hari satu sekolah.

Baca juga: Dharma Jaya gandeng Dinkes dan Disdik untuk pilih menu makan gratis
Baca juga: DKI isyaratkan uji coba makan bergizi bagi SMA pekan depan
Baca juga: KKP: Makan Bergizi Gratis berpotensi menyerap banyak produk perikanan

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024