Semarang (ANTARA) - Sejumlah atlet PON Aceh-Sumatra Utara 2024 menyempatkan salat dan berdoa di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh sebelum bertanding.

"Baru pertama kali ke sini karena ini masjid tertua di negara kita. Jadi rugi rasanya kalau tidak berkunjung," kata Manager Hapkido Sumatra Barat Weddy Citra kepada ANTARA di halaman Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Senin.

Dia mengaku baru saja mengikuti "technical meeting" (TM) untuk mempersiapkan pertandingan yang dimulai Selasa esok.

"Barusan tadi ada TM penentuan jadwal pertandingan. Saya memang punya niat ke masjid ini untuk salat berjamaah. Supaya ada berkah (untuk menghadapi pertandingan)," kata Weddy.

Begitu memasuki halaman masjid, Weddy terkesima dengan kemegahan dan arsitektur masjid yang dibangun pada 1879 sejak era Kesultanan Aceh tersebut, yang juga simbol perlawanan rakyat Aceh semasa penjajaan Belanda dulu.

Baca juga: Ribuan warga di Sumut antusias saksikan pembukaan PON 2024

Weddy berharap Allah SWT melancarkan perjuangan delegasi hapkido Sumatera Utara yang bertanding dalam PON Aceh-Sumut.

Muhammad Al Fajrin, atlet hapkido asal Nusa Tenggara Barat (NTB) mengaku selalu menyempatkan salat lima waktu di masjid yang memiliki 12 payung berukuran besar itu.

"Jauh-jauh hari, saya memang dipesan oleh pelatih untuk ke sini (Masjid Baiturrahman). Alhamdulillah, saya bisa rutin (salat) lima waktu di sini," kata dia usai menunaikan salat Maghrib berjemaah.

Fajrin merasakan kesejukan begitu pertama kali memasuki masjid yang membuatnya nyaman dalam berdoa dan beribadah.

"Kebetulan, hotel saya dekat sini. Jadi, bisa shalat lima waktu di sini. Ya, berdoa supaya diberikan kelancaran dan kemudahan saat bertanding. Besok (10/9) baru mulai tanding," kata Fajrin.

Baca juga: Presiden Jokowi tinggalkan stadion usai upacara pembukaan PON 2024

Beberapa kontingen dari daerah lain, termasuk  Sumatera Utara dan Lampung, juga terlihat mengunjungi masjid tersebut.

Masjid Raya Baiturrahman berada di pusat Kota Banda Aceh yang menjadi simbol agama, budaya, semangat, kekuatan, perjuangan dan nasionalisme rakyat Negeri Serambi Mekkah.

Bahkan, bangunan masjid yang menjadi ikon Kota Banda Aceh tersebut selamat dari amukan bencana gempa dan tsunami 26 Desember 2004.

PON 2024 resmi dibuka leh Presiden RI Joko Widodo di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin.

Meski baru dibuka secara resmi, pertandingan di beberapa cabang olahraga sudah mulai sejak awal September 2024.

Baca juga: Enam atlet legendaris Aceh jadi pembawa bendera KONI di pembukaan PON

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024